• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Umum

Diduga Caplok Tanah, Ahli Waris Demo Pengembang

3 February
19:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Belasan orang menggelar demo di atas lahan yang diuruk di Desa Semampir, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Mereka menuntut pihak pengembang yang sebelumnya diduga menjual tanah hak waris secara sepihak.

Plakat bertuliskan pemberitahuan TANAH MILIK BAPAK KEMAT yang sebelumnya menancap di area tanah tersebut juga di cabut oleh oknum pengembang. Diketahui belasan orang yang demo itu merupakan ahli waris dari Kemat yang tak lain warga adalah warga setempat.

Eko kuasa Hukum ahliwaris mengungkapkan, jika almarhum Kemat yang wafat pada tahun 2009 tidak pernah menjual lahan seluas 6.700 meter persegi berupa tanah sawah tersebut. Begitupun dengan Ibunya, Marhamah yang wafat pada 2014 silam.

"Ahli waris kesal, pihak pengembang properti dari Griya Mapan Sentosa atau GMS yang tiba-tiba menguruk sebagian tanah seluas 3 x 10 meter persegi dari 6.700 meter persegi," ujarnya, Senin (3/2/2020).

Pengurukan dilakukan tiba-tiba tanpa sepengetahuan ahli waris, sudah empat tahun papan yang bertuliskan tanah hak milik Kemat tertancap, namun papan tersebut dicabut dan dirampas tanpa ijin.

"Kerugian itu adalah sebagian tanah yang diuruk, padahal tidak ada kesepakatan jual beli, merasa dirugikan dengan adanya itu," tambahnya.

Eko mengataka pihaknya menyesalkan atas pengurukan sebagian lahan di atas milik keluarga yang sudah digarap sawah sejak 1951 hingga 2017 lalu tersebut, yang sampai saat ini belum menemui titik temu.

Sementara itu, saat dikonfirmasi melalui telepon, Heri selaku perwakilan dari pihak perumahan Griya Mapan Sentosa atau GMS atau pengembang menyatakan bahwa tanah dengan luas 6000 M2 itu telah dibeli pihaknya.

"Sertifikat pun juga kita pegang, kami membeli dari Muchtar," ujarnya singkat yang langsung menutup telepon. (Januar)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00