• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Petani Kediri Panen Buah Bengkuang Raksasa

27 January
16:14 2020
1 Votes (5)

RRI, Kediri: Petani di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri sukses memanen buah Bengkuang dengan ukuran raksasa. Rata-rata, berat buah tersebut sanggup mencapai 5 Kilogram per buah.

"Buah Bengkuang ini, diberi nama Bengkuang Luk Songo Super alias LSS. Pencapaian ini, dari hasil percobaan dua tahun lalu," kata Petani Bengkuang asal Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Suyarno, saat memanen hasil pengembangan Buah Bengkuang, di Kabupaten Kediri, Senin (27/1/2020).

Dari eksperimen itulah, ungkap Suyarno, pihaknya mulai mengembangkan budidaya penanaman Buah Bengkuang selama satu tahun terakhir di wilayah Kabupaten Kediri.

"Bahkan, penanaman umbi Buah Bengkuang ini dikembangkan secara massal di Kabupaten Kediri," ujarnya.

Ia menceritakan, awalnya, Suyarno pernah menjadi Petani Bengkuang selama 10 tahun lamanya. Namun, pihaknya seringkali mengalami kendala dalam memperoleh bibit buah tersebut.

"Alhasil, majikan saya yang selama ini memborong hasil panen, punya umbi Buah Bengkuang ini dan akhirnya saya tanam. Hal ini karena selama jadi petani Buah Bengkuang, memang susah dapat benih yang baik," katanya.

Kemudian, tambah Suyarno, dari tanaman umbi Buah Bengkuang yang ukurannya besar, ia berupaya menanam bijinya, Berikutnya, agar umbi buah ini tumbuh makin besar, pihaknya rutin memotong daun yang sangat lebat.

"Dari cara ini, akhirnya saya punya bibit Buah Bengkuang yang dapat dijadikan benih unggulan dan berkualitas," katanya.

Mengenai hasil produksi, rinci Suyarno, pada bibit normal, biasanya pihaknya dapat memanen 3-4 Ton per RU (1 RU=14 meter persegi). Tapi, dengan benih Buah Bengkuang LSS, hasilnya lebih signifikan, menjadi 6-10 Ton per RU.

"Nah, dengan bibit LSS ini pula, petani bisa tanam sebanyak 2-3 kali dalam setahun, sedangkan jika pakai benih biasa, hanya tanam 1-2 kali setahun," katanya.

Lalu, dari sisi harga, para petani.Buah Bengkuang dapat memperoleh omzet luar biasa. Kalau menanam benih normal, harga jual Buah Bengkuang hanya Rp 1.800 per Kilogram, sedangkan dengan benih Bengkuang LSS harga jualnya naik jadi Rp 2.500 per Kilogram.

Di sisi lain, Kepala Seksi Perbenihan Dan Perlindungan Tanaman Hortikultura, Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Kediri, Arahayu Setya Adi, ke depan, lembaga ini akan menggelar observasi.

"Nantinya, kalau ukuran Buah Bengkuang LSS konsisten serta tidak dipunyai oleh petani lain, maka kami siap membantu proses Sertifikasi," katanya.

Perlu diketahui, pengembangan budidaya Buah Bengkuang LSS telah dilakukan 10 petani di Desa Tugurejo. Sampai sekarang, produsen buah ini menyebar di Kecamatan Kayen Kidul dan Papar, di mana area tanamnya seluas lebih dari 30 hektare. Selama ini, pemasaran buah tersebut tak hanya menjangkau Kediri, tapi hingga ke Malang, Surabaya, maupun Bali. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00