• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & HAM

Irjen Kemenkumham Resmikan Tiga Kantor Imigrasi Bertema 'Smart Office'

23 January
16:38 2020
1 Votes (5)

RRI, Kediri: Irjen Kemenkumham, Jhoni Ginting meresmikan tiga gedung baru Kantor Imigrasi di Provinsi Jawa Timur bertema 'Smart Office'. Agenda ini berlangsung, di Gedung Baru Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Non TPI Kediri, di Jalan Jawa, Bedrek Selatan, Desa Grogol, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Kamis (23/1/2020).

Pada kegiatan ini, Irjen Kemenkumham, Jhoni Ginting, merinci, ketiga gedung baru yang diresmikannya tersebut antara lain, Kantor Imigrasi Kediri, Ponorogo dan Pamekasan. 

"Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri dan Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Ponorogo  merupakan Proyek Prioritas Nasional Tahun Anggaran 2019. Bahkan, renovasi secara signifikan juga dilakukan pada gedung Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan. Dengan begitu, kehadiran ketika gedung ini diyakini lebih representatif dan futuristik," kata Irjen Kemenkumham, Jhoni Ginting, saat meresmikan tiga gedung baru Kanim di Jatim, di Kanim Kediri, Kamis (23/1/2020).

Secara umum, yakin Jhoni, wajah baru ketiga kanim di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jatim ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja jajaran.

"Kami juga berharap mampu memberikan kenyamanan kepada pengguna layanan, terutama masyarakat secara baik," katanya.

Sebagai informasi, dalam sambutannya di acara tersebut, Jhoni turut menyampaikan pesan langsung dari Menkumham RI, Yasonna H Laoly yang berhalangan hadir. Menurut Jhoni, melalui komunikasi via sambungan telepon, Menkumham RI, menghaturkan permohonan maaf, karena tidak bisa hadir dalam acara peresmian.

"Pesan kedua, Menkumham RI, Yasonna Laoly juga mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Bupati Kediri, Pamekasan dan Ponorogo yang telah menghibahkan tanah, gedung dan sarana serta prasarana lain. Semoga semua ini dapat mendukung peningkatan kualitas layanan keimigrasian di daerah," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri, Rakha Sukma Purnama, menyatakan, peresmian gedung baru ini sekaligus bagian dari upaya Kanwil Kemenkumham Jatim dalam melakukan peningkatan pelayanan, pengawasan dan penindakan serta penegakan hukum keimigrasian.

"Selain dengan membangun gedung kantor imigrasi (kanim) yang lebih representatif dan futuristik, juga ramah HAM. Kami juga melengkapi gedung ini dengan area Drive Thru, hingga ada pula layanan atau akses untuk kaum disabilitas," katanya.

Lanjut Rakha, dengan peresmian oleh Irjen Kemenkumham, Jhoni Ginting maka pelayanan keimigrasian baik berupa pengurusan paspor, ijin tinggal WNA, dan administrasi perkantoran sudah bisa dilayani di kantor baru.

Di area serupa, Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, juga memberikan apresiasi terhadap peresmian gedung baru Kanim Kediri.

"Saya berharap, keberadaan gedung baru Kantor Imigrasi Kediri bisa meningkatkan layanan keimigrasian kepada masyarakat di Kediri. Terlebih lagi, juga sekaligus menambah pengawasan terhadap WNA yang masuk ke Kediri," katanya.

Di samping itu, selain kedatangan Irjen Kemenkumham, Jhoni Ginting, kegiatan tersebut juga dihadiri Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie. Ada pula, pimpinan tinggi pratama dan madya Kemenkumham di pusat dan wilayah, serta forkopimda setempat. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00