• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Jadi Langganan Banjir, CSR Ciputra Bantu Warga Lidah Kulon Perbaiki Saluran Air

15 January
22:27 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Sejumlah warga dari RW 5 Dukuh Sepat, Kelurahan Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri melakukan perbaikan saluran air yang setempat dikenal dengan saluran (huruf) C yang terletak di kawasan RT 2 RW 5, dengan bantuan pendanaan dari PT. Ciputra Development Tbk.

Pembagunan yang bersifat perbaikan ini dilakukan di saluran air warga dengan panjang sisi kiri dan kanan sekitar 100 meter. Selain memperbaiki bagian saluran yang rusak, juga dilakukan penambahan ketinggian saluran sekitar 50 cm.

Dikatakan oleh Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Lidah Kulon, Patollah, perbaikan saluran air warga di bagian barat hingga timur ini sebagai antisipasi banjir di permukiman warga akibat air dari saluran yang meluber.

Air yang meluber ke rumah warga selalu terjadi bila hujan turun dengan intensitas tinggi, dan debit air tidak mampu tertampung melalui saluran dengan lebar bagian bawah kurang lebih 60 cm dan bagian atas sekitar 150 cm ini.

“Tujuannya untuk menanggulangi banjir, mengurangi air supaya tidak meluber ke hunian warga,” kata Patollah, Rabu (15/1/2020).

Sebelum ada perbaikan yang dimulai pada pekan lalu, air di saluran C ini selalu meluber bila hujan turun dengan deras dan debit air tinggi. Melalui normalisasi saluran ini, kekhawatiran warga terhadap melubernya air dari saluran menjadi berkurang.

“Harapannya warga tidak lagi kebanjiran. Musim hujan sekarang ini masih belum sampai meluber, karena belum sampai hujan deras,” lanjut Patollah.

Hal senada juga disuarakan Musari, Sie Bangunan LPMK Lidah Kulon. Musari mengatakan, pengerjaan saluran C yang dibantu dari pendanaan Ciputra ini diharapkan selesai dalam pekan ini. Dengan segera selesainya pengerjaan saluran ini, warga yang sering langganan banjir diharapkan tidak perlu khawatir lagi.

“Kalau hujan yang turun biasa saja, mungkin tidak ada masalah ya, karena di wilayah RT 2 RW 5 ini juga sudah dibangun saluran yang lebih bagus untuk normalisasi. Tapi untuk saluran C ini selalu meluap kalau hujannya deras sekali, sehingga sekitar 50 warga di RT 2 ini terdampak banjir,” ungkap Musari, yang merupakan mantan Ketua RW 5.

Ketua RT 2 RW 5, Kelurahan Lidah Kulon, Arisijanto menambahkan, selain dilakukan normalisasi saluran air C, warga juga berharap ada penghijauan atau penanaman pohon di area sekitar saluran. Arisijanto juga mengaku, bahwa dengan perbaikan saluran ini menjadikan warga lebih tenang saat menghadapi musim hujan.

“Mudah-mudahan mengurangi banjir. Selain saluran, kalau bisa di situ juga diberi penghijauan agar lebih asri, jadi ditanami pepohonan di sekitar saluran,” ujar Arisijanto.

Patollah menambahkan, selain perbaikan dan pembangunan saluran C ini, diharapkan ke depan ada perbaikan dan normalisasi saluran besar hingga sampai ke sungai Makmur.

“Harapannya normalisasi saluran sampai kali Makmur. Kalau sudah nyambung ke kali Makmur, warga tidak khawatir lagi ada banjir,” kata Patollah.

Sementara itu staff Corporate Legal Officer PT. Ciputra Development Tbk, Pako Hamon mengatakan, perbaikan saluran C ini merupakan permintaan warga pedukuhan Sepat khususnya di wilayah RW 5 Lidah Kulon. Bantuan PT. Ciputra Development Tbk dalam bentuk CSR ini diharapkan dapat membantu mencegah dan mengurangi dampak banjir yang dialami warga.

“Kondisi saluran ini sebelumnya memang tidak terawat, makanya kita membantu melakukan perbaikan agar air tidak meluber ke kanan dan kiri saluran,” kata Pako Hamon.

“PT. Ciputra prinsipnya selalu ikut membantu pencegahan banjir, baik di dalam wilayah PT. Ciputra maupun di lingkungan sekitar. Jadi, apa yang bisa dibantu, selama itu bisa dibantu pasti kami akan selalu membantu. Perbaikan saluran, pembersihan saluran, pencegahan banjir, Ciputra selalu ikut berpartisipasi, selalu siap mendukung,” imbuh Pako.

  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00