• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & HAM

Selama 2019, Imigrasi Kediri Tunda Permohonan 238 Paspor

19 December
19:18 2019
1 Votes (0)

RRI, Kediri: Sepanjang tahun 2019, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri telah melakukan penundaan permohonan 238 paspor. Penyebabnya, lembaga tersebut menduga ada sejumlah oknum yang akan bekerja ke luar negeri tanpa izin.

"Upaya ini sebagai langkah nyata pencegahan Pekerja Migran lndonesia Non Prosedural (PMl-NP), sehingga Imigrasi Kediri telah melakukan penundaan permohonan paspor sebanyak 238 permohonan yang dicurigai akan bekerja di luar negeri tanpa izin," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri, Rakha Sukma Purnama, saat menggelar siaran pers Akhir Tahun 2019, di Omawalet Resto and Cafe Kediri, Kamis (19/12/2019).

Selama tahun 2019, ungkap Rakha, pelaksanaan pengawasan dan penindakan melalui sub seksi TI dan lnteldakim, lmigrasi Kediri juga telah melakukan pemeriksaan terhadap pemohon paspor hilang sebanyak 785 pemohon dan paspor rusak sebanyak 169 pemohon.

"Untuk permohonan ganti data dalam paspor, Imigrasi Kediri telah melakukan pemeriksaan terhadap 188 pemohon. Lalu, 128 pemohon paspor yang memiliki Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) juga telah diperiksa sebagai upaya pendalaman WNI yang pulang dari luar negeri menggunakan SPLP," katanya.

Di sisi lain, pada tahun 2019 pula, Imigrasi Kediri seolah berlari tanpa henti dalam memberika pelayanan kepada publik. Bahkan, berbagai target kinerja dipenuhi untuk memberikan kontribusi secara pasti kepada masyarakat. Apalagi, ada sejumlah capaian telah didapat mulai dan penghargaan hingga berita melegakan mengenai status baru yang diberikan kepada imigrasi Kediri.

"Hal ini tertuang melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor. M.HH-10.0T.01.03 Tahun 2019 yang ditetapkan tanggal 24 Oktober 2019, di mana Imigrasi Kediri mendapatkan peningkatan status menjadi Kelas lI," katanya.

Peningkatan kelas tersebut, kata Rakha, perwujudan ini juga seiring dengan proses pembangunan kantor baru Imigrasi Kediri yang berlokasi di Jalan Jawa, Desa Grogol, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Upaya ini menjadi tanggung jawab besar untuk memberikan pelayanan prima pada tahun berikutnya.

"Saat ini, progres pembangunan kantor baru yang mencapai 96,91 persen (deviasi positif) juga terus dilanjutkan hingga target pembangunan selesai tepat waktu. Kantor baru yang rencana akan diresmikan Januari 2020 ini, memiliki beberapa fasilitas baru," katanya.

Rakha menambahkan, berbagai layanan ini, di antaranya pengambilan paspor yang bisa dilakukan secara Drive-Thru, sehingga masyarakat bisa mengambil paspor dengan tetap berada di dalam kendaraan. Kemudian, adanya barrier gate yang menggunakan access card khusus bagi setiap masyarakat yang berkepentingan di Kantor Imigrasi Kediri. Lalu, sebagai upaya mencapai Kantor Pelayanan Publik Ramah HAM, berbagai fasilitas bagi disabilitas, manula, balita, dan ibu hamil juga dipersiapkan dengan lebih baik. 

Untuk prestasi tahun 2019 ini, lanjut Rakha, Imigrasi Kediri mendapatkan penghargaan dan Kanwil Kemenkumham Jatim sebagai Terbaik | lnovasi Konten Kehumasan dan Terbaik III lmplementasi E-Governance Kategori UPT Kecil. Penyerapan anggaran juga telah mencapai 76,13 persen yang telah direalisasikan.

Kemudian, Imigrasi Kediri melalui Sub Seksi Yanverdokim, dalam pelayanan keimigrasian bagi warga negara Indonesia, sepanjang tahun ini, hingga 16 Desember 2019, telah menerbitkan 25.218 paspor 48 halaman dan 1.965 paspor 24 halaman. Jumlah ini menjadi bukti, tingginya masyarakat yang ingin berpergian keluar negeri baik untuk bekerja, berlibur, berobat, sekolah, hingga ibadah, meskipun wilayah kerja Imigrasi Kediri meliputi Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Jombang, dan Kabupaten Nganjuk, pemohon keimigrasian datang dari berbagai wilayah lain. Kondisi ini mengingat, bahwa Kediri memiliki banyak lembaga pendidikan, pondok pesantren, hingga Kampung Inggris di wilayah Pare yang di dalamnya terdapat banyak pelajar yang berasal dari luar wilayah kerja Imigrasi Kediri. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00