• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Ajak Tertib Lalin, Jasa Raharja Sasar Pelajar SMP

10 December
14:48 2019
1 Votes (3)

KBRN, Surabaya : Ratusan siswa siswi SMPN 12 Surabaya, antusias mendapatkan sosialisasi terkait keselamatan berkendara, sekalipun bagi yang dibonceng. Melalui acara Jasa Raharja Mengajar, dengan tema "Sehari Mengajar, Selamanya Tertib Lalu Lintas".

Kepala Cabang Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur, Suhadi menjelaskan, sosialisasi keselamatan berlalu lintas, telah dilaksanakan ke beberapa sasaran, seperti kalangan mahasiswa dan pelajar SMA, dan kini giliran pelajar SMP.

"Kita ingin menanamkan, memberikan edukasi tentang resiko (berkendara, red) kepada usia usia menjelang remaja," ujarnya, Selasa (10/12/2019).

Diakui Suhadi, usia siswa siswi SMP ini masih belum mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Namun usia mereka adalah peralihan segera memiliki SIM, serta sudah bisa berkendara sendiri, khususnya kendaraan roda dua.

"Nah, kita menyasar, memang mempersiapkan generasi berikutnya supaya lebih care terhadap resiko terhadap dirinya, dan orang lain. Pada akhirnya kita harapkan tidak ada pelanggaran ketika mengendarai," harapnya.

Dalam rangka menyambut HUT Jasa Raharja ke 59 tersebut, pihaknya mengajarkan beberapa materi kepada siswa siswi SMPN 12. Antara lain, terkait bagaimana resiko saat berkendara, kemudian jenis jenis resiko, serta bagaimana memanage resiko.

"Sehingga mereka paham, bahwa ketika mereka menggunakan helm, itu bukan sekedar mematuhi aturan, tetapi juga meminimalisir resiko yang terjadi kepada mereka. Karena ketika terjadi kecelakaan, yang rugi mereka sendiri," tegasnya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, sosialisasi keselamatan berlalu lintas juga akan dilaksanakan kepada pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), bahkan Pendidikan Usia Dini (PAUD). Dengan materi pengenalan rambu rambu lalu lintas.

"Jadi sedini mungkin kita menyasar kepada generasi berikutnya, yang akan mengendarai kendaraan bermotor," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00