• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Utamakan Pasien, RSUD dr. Iskak Tulungagung Raih Penghargaan Tingkat Dunia

14 November
21:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tulungagung: Dengan mengandalkan konsep layanan Hospital Social Responsibility atau lebih mengutamakan kesehatan pasien dibandingkan nominal uang, diyakini menjadi kunci keberhasilan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Iskak Tulungagung, Jawa Timur, meraih penghargaan internasional. Anugerah ini, berupa penghargaan Gold Award sebagai rumah sakit terbaik untuk kategori 'International Hospital Federation' Bionexo Excellence Award for Corporate Social Responsibility tahun 2019.

"Penghargaan tingkat dunia ini, kami peroleh tanpa persiapan apa pun. Lantaran, ya seperti inilah layanan kami kepada pasien, yakni menerapkan Hospital Social Responsibility," kata Direktur RSUD dr. Iskak Tulungagung, dr. Supriyanto, Sp.B, M.Kes, di Tulungagung, Kamis (14/11/2019).

Supriyanto mengungkapkan bahwa prestasi ini, diumumkan dalam Forum' International Hospital Federation Congress and Award ke-43, di Oman, Uni Emirat Arab. Tepatnya, pada hari Jumat, tanggal 8 November, waktu setempat.

"Dengan inovasi yang kami hadirkan beberapa tahun terakhir, alhamdulillah bisa membuahkan hasil terbaik. Bahkan tepat pada Hari Kesehatan Nasional yang diperingati tanggal 12 November, kami mendapat kado spesial yakni penghargaan skala internasional dan ini kami persembahkan bagi semua masyarakat Indonesia dan khususnya pada warga Kabupaten Tulungagung," katanya.

Supriyanto menambahkan,  penghargaan ini merupakan prestasi pertama yang diraih, oleh salah satu rumah sakit, di Indonesia. Apalagi, melalui Konsep Baru, Hospital Social Responsibility  yang dikembangkan RSUD dr. Iskak Tulungagung, hal ini juga menjadi tolok ukur bagi rumah sakit di daerah lain.

Hal ini, lanjutnya, terlihat dari niat sejumlah Rumah Sakit di India yang ingin mengadopsi konsep serupa. Bahkan pihaknya mempercayai, bahwa manajemen rumah sakit di daerah lain juga berpotensi besar melakukan hal yang sama.

Sebagai informasi, meskipun penghargaan ini tercantum pada Kategori Corporate Social Responsibility atau CSR, Manajemen RSUD dr. Iskak Tulungagung, mengamininya sebagai prestasi di kategori Hospital Social Responsibility. Hal ini karena, baginya aspek terpenting adalah melayani pasien bukan melihat pasien sebagai entitas bisnis. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00