• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Umum

BPK Perwakilan Jatim Gelar Media Workshop "Apa Dibalik Opini?"

6 November
17:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur menggelar media workshop diikuti puluhan wartawan di Alana Hotel Surabaya, Rabu, (6/11/2019).

Media workshop yang dihadiri langsung Kepala BPK Perwakilan Jatim Harry Purwaka membahas tentang pemahaman tugas dan wewenang BPK dalam menjalankan fungsinya.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Harry Purwaka dalam media workshop bertajuk "Apa Dibalik Opini?" menjelaskan, tugas BPK adalah memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oIeh Pemerintah Pusat Pemerintah Daerah, Lembaga Negara Lainnya, Bank Indonesia, BUMN, BLU, BUMD dan lembaga/badan Iain yang mengelola keuangan negara.

"Di Jawa Timur, tugas BPK Perwakilan adalah memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah pada Pemerintah Provinsi lawa Timur, kota/kabupaten di Provinsi Jawa Timur, BUMD dan lembasa terkait di Iingkungan entitas, termasuk melaksankan pemeriksaan yang ditugaskan oleh Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN)."jelasnya.

Sementara itu Kepala Subauditorat Jatim II BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Rusdiyanto, dalam paparannya menjelaskan, salah satu tugas Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) adalah melaksanakan pemeriksaan keuangan. 

"Pemeriksaan keuangan adalah pemeriksaan atas laporan keuangan yang bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai (reasonable assurance) bahwa laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia atau basis akuntansi komprehensif lainnya."jelasnya.

Media workshop ini merupakan kegiatan tahunan dalam rangka melibatkan media massa untuk mengedukasi masyarakat tentang kegiatan BPK dalam peningkatan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pengelolaan keuangan daerah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00