• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Kemarau Panjang, Lapas Kediri Salurkan 7.500 Liter Air Bersih

17 October
19:45 2019
1 Votes (5)

RRI, Kediri: Akibat musim kemarau panjang, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kediri menyalurkan bantuan dropping air bersih sebanyak 7.500 Liter kepada 300 KK di Dusun Tumpang, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

"Program penyaluran bantuan dropping air bersih ini, secara umum merupakan bentuk kepedulian sosial. Momentum ini juga dalam rangka Dharma Karyadhika 2019, dan kami wujudkan melalui bantuan 7.500 Liter air bersih kepada warga di Dusun Tumpang, Kota Kediri," kata Kepala Lapas Kelas II A Kediri, Kusmanto Eko Putro, saat menggelar Dropping Air Bersih, di Dusun Tumpang, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Kamis (17/10/2019).

Dia menilai, pemberian bantuan ini sangat ideal direalisasikan pada masa sekarang. Apalagi, saat ini tengah memasuki musim kemarau panjang.

"Nah, pada musim kemarau panjang ini warga Dusun Tumpang di Kota Kediri memang sangat membutuhkan air bersih. Lantaran, air bersih ini untuk menunjang keperluan hidup mereka setiap hari," katanya.

Di lokasi ini, Ahmad Khudori Muslih, Ketua RT 25, di Dusun Tumpang, Kota Kediri, mengaku, sangat terbantu dengan adanya bantuan dropping air bersih tersebut.

"Krisis air bersih ini, disebabkan wilayah RW 5 berada di lereng Gunung Klotok. Untuk mengatasinya, memang sejumlah sumber air bersih pernah dibuat dan sungai juga tersedia, tapi jumlah debit air dan kebutuhan warga tidak sebanding," katanya.

Ahmad merinci, selama ini sumber air di wilayahnya, ada di Sumber Tretes. Bahkan, sungai dan sumur warga juga tersedia. Akan tetapi, setiap kali musim kemarau, masyarakat pasti kekurangan air bersih.

"Ya, kami terpaksa hidup dari sumber air dan sumur yang ada walaupun bergantian. Totalnya, ada sekitar 5 sumur, dan jumlah ini belum sesuai kebutuhan warga," katanya.

Ke depan, harap Ahmad, pemerintah daerah setempat maupun pihak lain ada yang memberikan bantuan. Hal paling utama adalah pentingnya membuat bendungan.

"Kalau sudah ada bendungan, kami tidak akan khawatir dengan musim kemarau. Walau begitu, kami sangat berterima kasih kepada pihak Lapas Kelas II A Kediri, karena tindakan dropping air bersih ini merupakan bantuan pertama dalam sejarah di Dusun Tumpang," katanya.

Lebih lanjut, di Dusun Tumpang, Kelurahan Pojok ada 1 RW yang terdiri dari 5 RT. Masing-masing, RT 21 sampai RT 25. Sementara itu, jumlah keseluruhan KK ada sebanyak 500an Kepala Keluarga (KK). Untuk kemarau panjang kali ini, warga yang paling terdampak tampak di RT 23 dan jumlah mereka mencapai 300 KK. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00