• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

BPBD Kabupaten Kediri Berhasil Tangani Karhutla Di Lereng Gunung Kelud

7 October
20:52 2019
1 Votes (4)

RRI, Kediri: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri bersama tim terkait berhasil menangani kebakaran hutan lahan (Karhutla) yang terjadi di lereng Gunung Kelud.

"Pada hari ini, alhamdulillah kami telah melaksanakan pemantauan dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Yang mana, lokasi kebakaran ini berada di petak 148-1, RPH Besowo, BKPH Pare, KPH Kediri dan tercatat dengan luas baku 2.228,6 Hektare," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kediri, Randy Agatha Sakaria, di Kediri, Senin (7/10/2019).

Mengenai kegiatan tersebut, ungkap Randy, hal ini dilakukan dengan membagi petugas menjadi 2 tim sekaligus. Untuk Tim 1 dengan fokus pada kegiatan pemadaman Karhutla di wilayah lereng Gunung Kelud Kabupaten Kediri.

"Dari laporan petugas, Tim 1  gabungan dari BPBD dan Perhutani berhasil mendekati titik api dan membuat sekat/ ilarang untuk memutus jalur api," katanya.

Bahkan, jelas dia, dari tindakan tersebut, tampak api yang berada di Blok Gajah Mungkur sebagian besar sudah padam.

"Akan tetapi, ada 1 titik api kecil yang masih menyala dan sudah dibuat ilarang," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, rencananya untuk kegiatan Selasa (8/10/2019) dilakukan pemantauan oleh pihak perhutani dan LMDH.

"Upaya ini tepatnya, akan kami lakukan dengan menggelar pemantauan di petak 148-1 Blok Gajah Mungkur," katanya.

Sementara itu, tambah dia, berdasarkan laporan dari Tim 2 yang berada di jalur Bukit Ongaan, mereka menerangkan bahwa titik api yang berada di kawasan itu sudah padam dan tidak terlihat adanya kepulan asap.

"Penanganan kebakaran di petak 148-1 Blok Ongaan ini, dilakukan oleh tim gabungan. Mereka terdiri dari personil BPBD Kabupaten Kediri 1 personil, dan tim dari perhutani setempat," katanya. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00