• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pertahankan Eksistensi Rupiah, Puluhan Jurnalis Kediri Belajar 'Merawat' Uang

3 October
20:22 2019
1 Votes (0)

RRI, Karawang: Slogan "Aku Cinta Rupiah", tampak terus digelorakan oleh sejumlah masyarakat di Indonesia. Salah satunya terlihat dari sinergitas antara kalangan perbankan yang dimotori Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri bersama Perusahaan Umum Percetakan Uang Rupiah (Peruri), Karawang, Jawa Barat, Kamis (3/10/2019).

Langkah ini diwujudkan, dengan menggelar Plant Visit dan Capacity Building Media Mitra Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, yang digelar di Karawang-Jakarta antara tanggal 2-4 Oktober 2019.

Menurut Sonaji, Manajer Fungsi Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan Kantor Perwakilan BI Kediri, yang ikut dalam rombongan mengatakan,  kegiatan ini untuk memperkenalkan para wartawan mengetahui secara langsung bagaimana proses produksi uang.

"Ada sekitar 29 jurnalis dari berbagai media online, cetak, radio, dan televisi di Kediri, yang tampak antusias mengikuti Plant Visit ke Kawasan Produksi Peruri, di Karawang, Jawa Barat," kata Son Aji, di Kawasan Produksi Peruri, Karawang, Kamis (3/10/2019).

Dia menyebutkan, agenda ini merupakan program yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Kediri untuk meningkatkan pengetahuan tiap wartawan di daerah. Khususnya, mereka yang selama ini sering meliput kegiatan Bank Indonesia.

"Kami harap, acara ini bisa menjadi sarana edukasi bagi rekan media. Lebih tepatnya, untuk mengetahui bagaimana cara pembuatan Uang Rupiah, termasuk 'merawat' uang sebaik mungkin, sehingga generasi penerus kita makin memahami eksistensi Rupiah sebagai mata uang Indonesia," katanya.

Sementara itu, saat menggelar Briefing sebelum keberangkatan rombongan wartawan Kediri, di Kantor BI Kediri, salah satu perwakilan Bank Indonesia Kediri, Nasrullah optimistis, melalui agenda semacam ini, maka diharapkan ke depan setiap jurnalis bisa menjadi duta di tengah masyarakat.

Di lain pihak, lanjut dia, mereka yang berkunjung ke Peruri ini  merupakan orang yang beruntung, mengingat tidak semua masyarakat bisa memperoleh izin untuk datang ke kawasan yang menjadi Objek Vital Nasional.

Di lokasi yang sama, selain ada kunjungan rombongan dari Jurnalis Kediri ada pula rombongan perbankan wilayah BI Provinsi Gorontalo dan Papua Barat. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00