• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

XYLC Bekali Siswa SMA/SMK Hadapi Revolusi Industri 4.0

20 September
16:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Indonesia, XL Axiata kembali menyelenggarakan program pengembangan kepemimpinan dan karakter "XL Axiata Youth Leadership Camp (XYLC) 2019". 

Sebanyak 100 siswa setingkat SMA/SMK se-Jawa Timur mengikuti program tahunan yang berlangsung di enam kota ini. Surabaya menjadi Kota kelima yang dikunjungi, setelah sebelumnya di Jakarta, Semarang, Makassar, dan Medan.

Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim mengatakan, XYLC ini adalah upaya untuk ikut serta memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Program XYLC ini menggandeng Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. 

"Kami juga masih akan menerapkan kurikulum yang dapat membantu para pelajar SMA/SMK menghadapi revolusi industri 4.0, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan soft skill yang belum banyak diajarkan di sekolah formal," jelasnya, Jumat (30/9/2019).

Imam Mualim menambahkan, soft skill atau yang dikenal dengan transversal skill merupakan kualitas yang dibutuhkan di semua bidang kerja. Kemampuan ini mencakup kreativitas, imaginasi, intuisi, emosi, dan etik yang sangat bermanfaat dalam membangun interaksi sosial.

"Program ini telah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia," tambahnya. 

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kota Surabaya, Dr. Sukaryantho mengatakan, program XYLC memberikan ruang yang luas untuk energi besar bagi anak anak muda Indonesia. 

"Itu energi luar biasa loh anak muda ini. Kalau kita bisa memberi ruang untuk aktualisasi, ide gagasan, termasuk untuk menyiapkan industri teknologi yang modern ini, tentu sngat luar biasa. Terima kasih pada teman teman XL ini," ucapnya. 

Selanjutnya setelah Jakarta, Semarang, Makassar, Medan dan Surabaya, program XYLC akan diselenggarakan di Yogyakarta. XYLC juga terbuka untuk sekolah-sekolah dari Kota atau Kabupaten terdekat dengan lokasi XYLC. 

Karena kuota peserta yang terbatas hanya 100 peserta per lokasi, maka panitia memprioritaskan peserta yang menjadi pengurus organisasi siswa di sekolah, seperti OSIS, MPK, Pramuka, dll. Diharapkan program ini terus mendapat dukungan dari sekolah yang pernah menerima manfaat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00