• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik & Pemerintahan

Pemkot Kediri Raih Penghargaan WTN Kelima

16 September
18:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kediri: Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri untuk kelima kalinya menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN). Anugerah WTN merupakan penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia kepada Pemerintah Daerah baik provinsi dan kota/kabupaten di bidang lalu lintas, angkutan dan keselamatan jalan.

Melalui siaran persnya, Wakil Walikota Kediri, Lilik Muhibbah menjelaskan, bahwa pemberian Penghargaan WTN diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi kepadanya, di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (15/9).

"Tahun ini, Pemkot Kediri meraih WTN pada kategori WTN dengan catatan," kata Wakil Walikota Kediri, Lilik Muhibbah, di Kediri, Senin (16/9/2019).

Lilik mengatakan, mengutip pernyataan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya bahwa, penghargaan ini merupakan upaya pembinaan dari Kementerian Perhubungan kepada pemerintah daerah. Tujuannya, agar dapat memenuhi kriteria bagi penyelenggaraan pelayan transportasi dan fasilitas publik.

Usai menerima penghargaan, Lilik Mubibbah mengungkapkan rasa syukur atas diterimanya WTN ini. Dia menilai, prestasi ini menginspirasi untuk terus mengembangkan transportasi yang lebih baik.

Ke depan, wanita yang akrab disapa Ning Lik ini berharap agar pencapaian ini ditingkatkan. Lebih tepatnya, ditargetkan bisa meraih WTN tanpa catatan.

"Dan ke depan, kami harap mulai tersedianya angkutan massal di Kota Kediri," harapnya.

Dia mengemukakan, dari 145 peserta WTN seluruh Indonesia, sebanyak 77 kota/kabupaten yang mendapat piala WTN dan salah satunya diraih Kota Kediri. Keberhasilan ini karena Kota Kediri memiliki beberapa program unggulan.

"Program ini di antaranya, traffic ber-ATCS di 17 simpang, angkutan kota dan bus sekolah yang bersubsidi khusus pelajar, angkutan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), sosialisasi keselamatan berlalu lintas pada remaja di usia produktif dan pengguna jalan, memiliki Rute Aman Selamat Sekolah (RASS), aplikasi Traker dan SIM Lalu lintas," katanya.

Dia melanjutkan, penghargaan WTN diberikan berdasarkan hasil penilaian terhadap kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan dengan objek penilaian melalui lima bidang. Adapun lima bidang yang dinilai itu adalah bidang lalu lintas dengan bobot nilai 20 persen, bidang angkutan umum dengan bobot nilai 15 persen, bidang sarana transportasi darat dengan bobot nilai 25 persen, bidang prasarana transportasi darat dengan bobot nilai 15 persen dan bidang umum dengan bobot nilai 25 persen. Penilaian penghargaan WTN pada tahun ini diselenggarakan selama 5 hari yang dimulai pada tanggal 22- 26 April 2019. Yang mana anggota tim penilai penghargaan WTN 2019 ini merupakan perwakilan dari Kemenhub, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera), Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), akademisi, dan pakar transportasi. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00