• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Daftar Via On Line, Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Market Fair Surabaya

21 August
11:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya menyelenggarakan Job Market Fair atau Bursa Kerja Terbuka  di Gedung Wanita Surabaya. Pelaksanaan Job Market Fair berlangsung 21 – 22 Agustus 2019, Pk. 08.00 – 16.00 WIB. Asisten II Sekota Surabaya, M Taswin, menyampaikan, bahwa kegiatan yang secara reguler digelar setiap tahun ini bertujuan menyediakan pasar kerja bagi para tenaga kerja.

“Kita bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Surabaya,” teranya usai membuka Acara Job Market Fair, Rabu (21/8)

Tahun ini, sebanyak 7 event Job Market Fair diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Surabaya. Dari ketujuh event tersebut, 5 mini job market fair sedangkan 2 grand job market fair. Mini job market fair diikuti 15 perusahaan, sementara grand Job market fair diikuti 40 perusahaan. Pendaftaran JMF dilakukan secara on line, pada website www.surabaya.go.id

M. Taswin mengungkapkan, animo pencari kerja yang mengikuti kegiatan Job Market Fair cukup besar. Berdasarkan data Disnaker, sedikitnya 6.000 pencari kerja yang terdaftar mengikuti JMF. Sementara jumlah lowongan kerja yang tersedia, sebanyak 1.153. Ia berharap, sejumlah lowongan kerja yang tersedia memenuhi pasar kerja sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.

“Selama ini kita telah memberikan pelatihan-pelatihan sesuai dengan keinginan perusahaan,” sebutnya

Jumlah pencari kerja yang melamar di bursa kerja di Gedung Wanita lebih besar dibanding tahun lalu. Tahun 2018, jumlah pencari kerja yang mengikuti JMF sekitar 4.500 orang.

“Jumlah tenaga kerja memang meningkat, tapi palimg tidak sudah ada pasar kerja yang baik di Surabaya,” kata Taswin

Rizal Zainal Arifin, Kabid Hubungan Industrial menyatakan, berdasarkan data BPS tahun 2018 jumlah angkatan kerja di Surabaya sebanyak 1,3 juta orang. Dari jumlah itu, pada tahun yang sama, jumlah pencari kerja sekitar 8 ribu orang.

“Berdasarkan data riil kami yang tercatat 8 ribuan,” ungkapnya

Ia mengatakan, dari 8.000 orag pencari kerja di tahun sebelumnya, sekitar 70,03 persen yang terserap dalam pasar kerja. Di tahun ini, dari 7 kali event JMF, disnaker menargetkan ada peningkatan jumlah tenaga kerja yang terserap.

“Kita berharap ada kenaikan dari tahun kemarin,” tandasnya 


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00