• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik & Pemerintahan

Kunjungi RRI, Kahumas Konjen Amerika Cerita 70 Tahun Hubungan Diplomatik Negaranya dengan Indonesia

19 August
12:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Angie Mizeur Kepala Humas Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya berkunjung ke RRI Surabaya, Senin (19/8). Kunjungannya ke lembaga penyiaran publik ini untuk memperkenalkan diri sebagai pejabat Konjen Amerika yang baru bertugas di Kota Pahlawan.

“Saya baru datang dua minggu ke Indonesia,” ujarnya

Meski belum lama datang, Angie lancar berbahasa Indonesia. Di dampingi salah seorang stafnya, ia mengaku senang  berada Indonesia. Menurutnya, orang-orang indonesia begitu ramah. Sebelum bekerja di Konsulat Jenderal Amerika di Indonesia, ia mengungkapkan, bahwa dirinya dan keluarganya pernah berlibur di negara ini.

“Sewaktu saya tugas di Malaysia, saya berkesempatan berlibur ke Indonesia dengan keluarga,” paparnya

Kehadiran pejabat Konjen Amerika di RRI, ditemui Kepala Bidang Pemberitaan Yusri Darto dan Kasi Pro 1, Sumbul Dian Leiyanto. Saat bertemu dengan beberapa pimpinan RRI, Angie menceritakan sejumlah agenda kegiatan kerjasama antara Amerika Serikat dengan Indonesia yang tahun ini menginjak 70 tahun.

“Tahun ini tahun yang penting sekali, karena sejarah panjang hubungan Indonesia – Amerika,” sebut perempuan berkacamata ini.

Angie memaparkan, beberapa kerjasama yang terjalin antara Indonesia dan Amerika Serikat selama puluhan tahun, meliputi bidang pendidikan, ekonomi, politik budaya dan pertahanan.

“Di bidang pendidikan, salah satunya berupa pameran pendidikan di Malang, 19 September nanti,” urainya

Melalui kegiatan pameran pendidikan, pelajar dan mahasiswa Indonesia diharapkan bisa mendapatkan informasi berbagai lembaga pendidikan di Negeri Paman Sam tersebut.

Di bidang ekonomi, Angie menyebutkan, telah banyak investasi perusahaan-perusahaan Amerika di Indonesia. Sedangkan hubungan bilateral di bidang pertahanan, beberapa  minggu lalu, kedua negara ini menggelar latihan militer bersama.

“Dua minggu yang llau ada latihan militer antara US Navy dan TNI Al di Laut Jawa,” katanya

Angie Mizeur menambahkan, kerjasama di bidang kebudayaan wujudnya diantaranya berkaitan dengan Per-Film-an. Sebagai bagian upaya memerangi perdagangan manusia atau trafficking, Konjen Amerika memutar film masalah trafficking tersebut di beberapa tempat.

“Bagaimana (masalah itu) bisa berhenti, karena menyedihkan dan sudah menjadi masalah global,” paparnya.

Sementara, untuk mempererat hubungan diplomatik dua negara, Indonesia dan Amerika telah banyak melakukan pertukaran pemuda dengan beragam tema, mulai ekonomi, pendidikan, entrepreunership dan lingkungan.

“Harapan saya, kerjasama Indonesia – Amerika semakin erat dan kuat,” pungkasnya.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00