• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Jelang Operasional Bandara, Pemkab Kediri Dekatkan Akses Layanan Imigrasi

13 August
18:15 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Jelang pengoperasian Bandara Internasional di Kediri, Pemerintah Kabupaten Kediri mendekatkan akses layanan imigrasi kepada masyarakat. Upaya ini diwujudkan melalui Agenda Pemasangan Tiang Pancang Pertama Gedung Kantor Imigrasi Non TPI Kelas III Kediri, di Dusun Bedrek Selatan, Desa Grogol, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Selasa (13/8/2019).

"Alhamdulillah, setelah proses yang dilalui selama ini, pada akhirnya kami bisa mendapatkan kantor di dekat pendirian Bandara Kediri. Kami berterimakasih kepada Bupati Kediri yang telah memfasilitasi dan Forkopimda terkait, beserta TP4D yang ikut mendukung terwujudnya kantor imigrasi ini," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Jawa Timur, Susy Susilawati, pada acara Pemasangan Tiang Pancang Pertama Pembangunan Gedung Kantor Imigrasi Kediri, di Kediri, Selasa (13/8/2019).

Menurut dia, acara peresmian pemasangan tiang pancang pertama tersebut, juga sekaligus menandai dimulainya pembangunan gedung Kantor Imigrasi Kediri.

"Lahan lokasi pembangunan gedung Kanim Kediri ini merupakan tanah hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri. Kami targetkan, Desember mendatang kantor ini sudah selesai dibangun dan bisa langsung diresmikan oleh pejabat dari Kabinet Baru yang dibentuk mendatang," katanya.

Di lokasi ini, Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno, ikut menyampaikan, harapan yang besar atas pembangunan gedung baru Kantor Imigrasi Kelas III Kediri. Dia berharap, layanan imigrasi pada masa mendatang semakin cepat dan sesuai kebutuhan masyarakat, terutama pengurusan paspor.

"Dengan dioperasionalkannya kantor imigrasi yang baru ini, ke depan gedung yang lama akan dikembalikan lagi ke Pemkab dan difungsikan sesuai kegunaan sebelumnya, yakni untuk kantor Disperindag Kabupaten Kediri. Hal ini seperti di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta di mana kantor imigrasi berada dekat dengan lokasi bandara," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kediri, Rakha Sukma Purnama, meyakini, dengan sarana tersebut maka publik dapat merasakan layanan imigrasi yang lebih meningkat. Misalnya, untuk pengurusan paspor bagi masyarakat.

"Sesuai arahan Kakanwil Kemenkumham Jatim, kami diminta menambah jumlah penerbitan paspor. Jika di kantor lama mencapai 200an paspor per hari, maka dengan gedung baru ini diharapkan bisa menerbitkan 400an paspor per hari," katanya.

Perlu diketahui, peresmian dimulainya pembangunan gedung Kanim Kediri turut disaksikan oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar serta jajaran Pimti Kanwil Kemenkumham Jatim, Kepala UPT Kemenkumham Jatim Korwil Kediri, Forkopimda Kediri, TP4D Kejaksaan, Perangkat Daerah setempat, dan tokoh masyarakat.

Acara ini, diawali dengan penyerahan IMB dari Bupati Kediri kepada Kepala Kantor Imigrasi Kediri lalu dilanjutkan dengan penekanan tombol sirine yang mendandai dimulainya pemasangan tiang pancang pertama. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00