• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata

Gubernur Jatim Imbau Masyarakat Optimalkan Agrowisata Dewi Cemara Jadi Wahana Edukatif

8 August
18:46 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, mengimbau masyarakat untuk mengoptimalkan keberadaan Agrowisata Desa Wisata Cerdas, Mandiri, dan Sejahtera atau Dewi Cemara, di Desa Kedungmalang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Jatim menjadi wahana edukatif berbasis pertanian.

"Kami ingin dengan diresmikannya Agrowisata Dewi Cemara, masyarakat bisa menjadi sarana edukatif berbasis wisata dan pertanian, terutama produk hortikultura. Khususnya, dalam mengembangkan produk pertanian lokal sehingga menghasilkan banyak varian tanaman baru dan ditunjang dengan adanya sertifikasi," kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat meresmikan pendirian Agrowisata Dewi Cemara, di Desa Kedungmalang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Kamis (8/8/2019).

Dalam peresmian ini9 Khofifah optimistis, kehadiran Agrowisata Dewi Cemara mampu menambah angka kunjungan wisatawan di wilayah Kediri dan sekitarnya. Selain itu, hal ini juga sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi warga setempat.

"Melalui area wisata ini, masyarakat bakal memiliki inovasi dan penerapan teknologi yang tepat guna, terutama di sektor pertanian," katanya.

Di kawasan ini pula, Khofifah tak hanya melakukan peresmian objek wisata. Akan tetapi, sekaligus meninjau perkembangan usaha benih, perkembangbiakan Bunga Anggrek, serta pemberian sejumlah alat mesin pertanian untuk para petani setempat.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim, Hadi Sulistyo, mengemukakan, agar
ke depan, kawasan wisata Dewi Cemara yang merupakan wahana dengan konsep Crop Circle, diharapkan bukan hanya menjadi destinasi wisata baru. Namun, juga sarana edukasi pertanian kepada masyarakat terutama melalui produk hortikultura.

"Salah satunya membuat paket wisata edukatif, yang mengajarkan setiap warga cara menanam produk pertanian dengan baik dan inovatif. Bahkan sesuai arahan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, ke depan perlu adanya sinergitas antara budidaya tanaman langka dengan penciptaan teknologi tepat guna yang bisa menghemat air dan pengoptimalan pemupukan," katanya.

Sebagai informasi, di lokasi ini, terdapat berbagai varian tanaman pertanian dan aneka jenis bunga warna-warni. Beragam komoditas pertanian itu ditata dengan apik, sesuai pola yang sudah didesain menarik dan cocok untuk media swafoto oleh pengunjung. Ada pula spot berupa replika Menara Eiffel, dan kincir angin. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00