• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Pemkot Surabaya Rencanakan Bangun Subway

1 August
16:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Setelah gagal merealisasikan moda transportasi “Trem”, Pemkot Surabaya kini tengah menyiapkan angkutan massal lain berupa Subway. Wakil Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana, Kamis (1/8/2019) menyampaikan, bahwa begitu rencana pembangunan trem ditolak pemerintah pusat, pihaknya memikirkan moda transportasi lainnya, yakni subway.

“Jika Jakarta bicara MRT terlambat. Surabaya gak mau terlambat” sebutnya

Menurut Wakil Walikota, Subway atau monorel merupakan transportasi massal yang tidak satu level dengan Jalan raya.   Untuk itu, line atau jalur yang ada sekarang dirubah rutenya menjadi feeder-feeder yang menjemput warga dari kampung menuju daerah yang dilewati subway atau monorel.

“Itu kita gratiskan, sudah ada hitungannya,” katanya

Whisnu mengatakan, nantinya warga punya pilihan mau naik motor atau cukup berdiri di depan rumah mereka sudah dapat transportasi gratis sampai tengah kota.

“Action plannya sedang kita buat. Resolusinya nanti kita sampaikan,” terang Politisi PDIP

Ia menambahkan, pembangunan moda trasnportasi subway rencananya di koridor utara – selatan. Sementara untuk arah timur- barat menggunakan monorel. Whisnu mengakui pembangunan moda transportasi massal memang membutuhkan anggaran yang relatif besar. Untuk itu, pihaknya berencana menggandeng pihak swasta dalam pengerjaannya.

“Seperti Jakarta, kita gandeng swasta. Masih memungkinkan karena Surabaya kota besar seperti Jakarta,” paparnya

Saat ditanya kapan rencana pembangunan moda transportasi massal “Subway” direalisaskan? Wakil walikota hanya menjawab, bahwa target tersebut bisa dilihat setelah ada launching.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00