• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & HAM

Produksi 'Sajadah Cinta', Polres Kediri Kota Amankan Kru Film

29 July
17:57 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Kepolisian Resor (Polres) Kediri Kota berhasil mengamankan seorang oknum kru film, Robby Sudarsono (52) alias 'Bang Jay', karena dugaan menipu 25 warga Kediri dan sekitarnya, yang ingin menjadi artis sinetron, melalui produksi sinetron 'Sajadah Cinta'. Akibat perbuatan tersangka ini, total kerugian yang dialami seluruh korban mencapai Rp 280 jutaan.

"Tersangka atas nama Bang Jay ini, kami amankan karena menipu 25 orang warga Kediri. Dari perbuatan tersangka ini, jumlah kerugian semua korban senilai Rp 280 jutaan," kata Kapolres Kediri Kota, AKBP Anthon Haryadi, S.IK., M.H, saat menggelar konferensi pers kasus penipuan, di Mako Polres Kediri Kota, Senin (29/7/2019).

Mengenai modus operandinya, ungkap dia, tersangka Bang Jay, yang berasal dari Jalan Letnan Marsaid, Kelurahan Marga Ayu, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, memperkenalkan diri sebagai sutradara dari PT Jas Production, yang memiliki kantor cabang di Jalan Wilis Mulya nomor 27, Kelurahan Campurejo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Kemudian, tersangka mencari artis dari agensi modelling Susni Purwanti alias Bunda Susi.

"Untuk mendapatkan artis ini, Bang Jay menggelar casting Sinetron Sajadah Cinta. Bagi yang mendaftar casting film dikenakan biaya pendaftaran Rp 150.000 per orang," katanya.

Lalu, tambah dia, peserta yang lolos casting sinetron itu diminta membayarkan uang, dengan nominal bervariasi. Secara total, pada ajang pencarian pemain sinetron itu, ada 25 peserta yang lolos casting.

"Setiap peserta yang lolos casting dikenakan biaya minimal Rp 1,5 juta untuk 7 episode per rate. Lalu, biaya Rp 20 juta untuk no limit episode per rate, dan diberi tambahan iklan Adidas serta gaji Rp 75 juta," katanya.

Kemudian, tambah dia, melalui pencatatan Bunda Susi terkumpul dana sebanyak Rp 102 jutaan. Dari dana tersebut, Bunda Susi dijanjikan memperoleh komisi 30 persen.

Di sisi lain, terang dia, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat di Kediri, maka Bang Jay juga mendatangkan sejumlah artis sinetron ibu kota, yang juga diikutkan shooting sinetron Sajadah Cinta. Yang mana, sejak bulan Mei 2019, hingga kini sudah ada 9 kali proses shooting dengan mengambil lokasi di berbagai area menarik di Kediri. Misalnya pada tanggal 5 Mei 2019 di Hotel Surya, Pare, Kediri, 4 Juli 2019 di Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan, dan Pasar Gringging, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, serta tanggal 18 Juli 2019 di Bendungan Gerak Waru Turi, Kabupaten Kediri.

"Bahkan, pada tanggal 21 Juni 2019, dilakukan pawai di Kota Kediri untuk mempromosikan sinetron Sajadah Cinta dengan sponsor Trans 7. Untuk agenda ini, setiap peserta membayar Rp 450.000 dan memperoleh kaos bergambar pemeran sinetron Sajadah Cinta, serta topi  bertuliskan Sajadah Cinta dan logo Trans 7, dan juga mug," katanya.

Di samping itu, Kristianti, salah satu orang tua korban, mengatakan, bahwa tersangka menjalankan aksinya sendirian. Namun, hal itu dilakukannya, seolah-olah telah bekerja sama dengan stasiun televisi ANTV dan Trans 7. Bahkan, untuk pembayaran biaya peserta casting, Bang Jay memakai metode transfer perbankan, yakni Bank BRI Unit Grogol, Kabupaten Kediri.

"Awalnya, setelah proses shooting selesai, Sinetron Sajadah Cinta dijadwalkan tayang pada 17 Juli 2019. Namun, hingga kini produksi film tersebut tidak tayang juga di dua stasiun TV nasional tersebut dan saya telah cek ke Trans 7, ternyata tidak ada program TV tersebut," katanya.

Sebagai informasi, akibat aksi penipuan ini, tersangka 'Bang Jay', dikenakan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun, atau pasal 372 KUHP dengan hukuman penjara 4 tahun dan denda Rp 900.000. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00