• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik & Pemerintahan

Gubernur Khofifah: Mendagri Larang Gunakan APBD untuk Perjalanan Dinas

24 July
15:48 2019
1 Votes (4)

KBRN, Surabaya : Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku telah mendapatkan surat dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, yang berisi larangan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk perjalanan dinas. 

"Kita juga dapat surat dari Mendagri, bahwa Gubernur diminta menyampaikan kepada seluruh jajarannya dan melanjutkan kepada Daerah, supaya tidak ada penggunaan APBD untuk perjalanan dinas, atas nama perjalanan dinas, untuk Haji misalnya," ujarnya, Selasa (24/7/2019).

Diketahui, Mendagri sempat menyindir sejumlah Kepala Daerah yang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri, namun ternyata tidak membawa hasil apa apa untuk kepentingan dinasnya.

"Rasanya Kemendagri juga melakukan banyak evaluasi dan monitoring, koreksi dari seluruh efektivitas penggunaan anggaran negara yang dilakukan oleh semua lini," tambahnya. 

Namun ketika ditanya terkait adanya Kepala Daerah di Jatim, yang juga sempat menjadi sorotan lantaran melakukan perjalanan ke luar negeri, Gubernur Khofifah memilih enggan berkomentar. Tetapi dirinya setuju, bila Mendagri menyoroti penggunaan anggaran negara. 

"Jadi teman-teman mungkin boleh tanya kepada Mendagri, tetapi bahwa saya setuju untuk bisa melakukan maksimalisasi dari seluruh penggunaan uang negara itu kita semua setuju," tegasnya. 

Sehingga, kata Khofifah, kalau misalnya ada perjalanan ke luar negeri, karena menurutnya tidak ada perjalanan tanpa seizin dari pusat, atau dari Kementerian Dalam Negeri maka yang akan datang, diharapkan tujuan dan rundown, dari perjalanan itu wajib dicantumkan. 

"Dulu kita dikementerian, itu sebelum minta ijin kita memang diwajibkan menyampaikan tujuan kunjungan dan kira kira output dari kunjungan. Sekarang mungkin itu perlu dimasukkan kembali, supaya detail itu dimasukkan dalam proses ijin ke Kementerian Dalam Negeri," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00