• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Seni & Budaya

Tari Reog Menandai Puncak Peringatan Hari Bakti Adhyaksa Ke-59 Di Kabupaten Kediri

22 July
20:02 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Penampilan memukau dari kelompok penari Reog Ponorogo asal Desa Tawang, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri menandai Puncak Peringatan Hari Bakti Adhyaksa ke-59, di lingkup Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kediri, Senin (22/7/2019).

"Setiap tahun, kami memiliki agenda peringatan Hari Bakti Adhyaksa yang berbeda. Kalau tahun lalu, kami menampilkan Seni Tari Jaranan, dan tahun ini Tari Reog, yang semuanya berasal dari Kabupaten Kediri," kata Kepala Kejari Kabupaten Kediri, Subroto, saat menggelar Peringatan Hari Bakti Adhyaksa ke-59, di Kantor Kejari Kabupaten Kediri, Senin (22/7/2019).

Subroto menjelaskan, kehadiran sejumlah penari Reog ini, memang sengaja didatangkan sebagai hiburan masyarakat. Khususnya mereka yang selama ini berada dekat dengan Kantor Kejari Kabupaten Kediri.

"Selain itu, dengan cara ini kami ingin menunjukkan bahwa Kejaksaan hadir di tengah masyarakat. Bahkan, kami siap menegakkan keadilan di daerah setempat," katanya.

Di sisi lain, tambah dia, pertunjukkan Reog yang digawangi oleh Kepala Desa Tawang, melalui kelompok bernama Pujonggo Anom ini, turut dihadirkan untuk meluruskan sejarah. Tepatnya, Reog Ponorogo bukan murni berasal dari Ponorogo, tapi cikal bakalnya ada di Kediri.

"Kami ingin, masyarakat tahu budaya dan sejarah daerahnya, sehingga kelak generasi mendatang bisa ikut melestarikannya di tengah perkembangan zaman," katanya.

Dia meyakini, atraksi ini juga sekaligus memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di berbagai lapisan masyarakat. Hal ini juga seiring, dengan Tema Peringatan Hari Adhyaksa Nasional pada tahun 2019, "Tingkatkan Pengabdian, Demi Kemajuan, Keunggulan, dan Keutuhan Negeri".

Kondisi ini, lanjut dia, juga beriringan dengan komitmen Kejari Kabupaten Kediri yang ikut mendukung terciptanya suasana kondusif, di wilayah hukumnya terutama menjelang Pemilihan Bupati pada tahun 2020.

Di lokasi yang sama, Ketua Panitia Hari Bakti Adhyaksa ke-59 di Kejari Kabupaten Kediri, Yuni Priyono, mengemukakan, pada acara ini turut dihadiri segenap Forkopimda, sejumlah media massa, hingga masyarakat sekitar.

"Rangkaian acara peringatan Hari Bakti Adhyaksa tahun ini, dimulai sejak beberapa waktu lalu. Kami melakukannya dengan menggelar berbagai lomba menarik, Pekan Olahraga, dan puncak peringatannya pada hari ini dengan Penampilan Tari Reog, asal Desa Tawang, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri," katanya. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00