• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Gandeng GENPRO, BRInkubator Dorong UMKM Sidoarjo Go Internasional

22 July
14:02 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Sidoarjo: Usaha mikro,  kecil, dan menengah (UMKM) dinilai memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Bahkan dilansir berbagai sumber, sampai saat ini, UMKM menyumbang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 60,34 persen.

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) 2018 menunjukkan bahwa total pelaku UMKM di Indonesia mencapai 59,2 juta orang.  Namun hanya 3,79 juta UMKM yang sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya.

Maka dari itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memiliki program baru untuk membantu tumbuh kembang UMKM di daerah. Yakni, dengan meluncurkan program inkubasi bisnis untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang diberi nama BRIncubator.

Di Sidoarjo, 50 Pelaku UMKM mengikuti BRI Inkubator Bisnis UMKM bertema Transformasi Digital UMKM Indonesia, Senin,  (22/7/2019).

Salah satu peserta, Lailatul Ania, Owner Keripik Usus Isokaya, menyambut baik adanya kegiatan pendampingan dan pelatihan UMKM agar bisa Go Internasional dan Go Digital. Menurutnya dengan memahami cara dan strategi yang tepat, maka UMKM dinilai mampu bersaing di pasar yang luas. 

"Awal untuk Kita mendapatkan informasi kan dari pelatihan-pelatihan seperti ini. Apalagi Kami baru satu tahun bergelut di usaha kuliner. Meskipun pemasaran produk Isokaya sudah melalui Online, tetapi dengan adanya pendampingan dari Pihak terkait akan lebih baik." jelas Lailatul. 

Zainal Arifin Manager Bisnis BRI Cabang Sidoarjo mengatakan pihaknya inhin gar UMKM di Sidoarjo bisa Go Internasional. 

"Karenanya diberikan pendampingan dan pelatihan kepada UMKM khususnya mereka yang dinilai sudah siap dan memenuhi syarat. Tapi bertahap kita ingin UMKM yang ada bisa mendapatkan pendampingan."ungkap Zainal Arifin. 

Meninggung porsi kredit bagi UMKM, dikatakan Penyaluran kredit di BRI Cabang Sidoarjo sampai dengan Juli 2019 mencapai Rp. 900 Miliar untuk 66 ribu lebih pelaku usaha mikro. 

"Ditargetkan jumlah ini bisa melampaui target hingga 130%."tegasnya. 

Sementara itu,  Kordinator Mentor Global Enterpreneur and Profesional (GENPRO) Sidoarjo Abdullah Mukhlis menjelaskan,  BRInkubator dilaksanakan serentak di empat kota yakni Sidoarjo,  Bandung, Jakarta,  Yogyakarta, dengan mendatangkan 50 mentor berpengalaman di bidangnya. 

"Kita komunitas bisnis genpro yang diminta untuk mendampingi para UKM. Saya apresiasi sekali BRInkubator karena program ini mengangkat para UKM untuk goal akhirnya nanti adalah mereka bisa memasarkan produknya sampai ke pasar luar negeri."kata Mukhlis. 

Dikatakan program ini dilaksanakan selama lima hari workshop dan enam bulan pendampingan hingga Desember 2019. 

"Materi yang kita Berikan empat yang pertama adalah Go modern yang kedua adalah Go Digutal, Go Online dan Go Global. Jadi memang sebelum mereka Go Global, harus bisa memasarkan bisnisnya melalui online. Sehingga ini menjadi materi inti penting dalam BRInkubator agar UKM bisa memasarkan produknya melalui jaringan online." jelasnya. 

BRIncubator merupakan program yang berorientasi pada pemberian akses pembiayaan dan peningkatan kapasitas serta kapabilitas UMKM secara digital dan fokus pada ekspor. 

Program ini memiliki empat pilar yaitu go modern, go digital, go online dan terakhir go global. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan itu adalah M. Darwis Harsono dan Ustadz Bambang Tris.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00