• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Perkuat Advokasi, LSM dan Organisasi Peduli HIV AIDS Bentuk KOSWARA

20 July
14:29 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Surabaya: Sejumlah lembaga swadaya masyarakat, organisasi, dan komunitas yang peduli HIV Aids, menginisiasi terbentuknya Koalisi Surabaya Wani Waras Koswara.
Dalam kegiatan pelatihan media dan CSO dengan tema 'Pemberitaan Media yang Positif bagi ODHA' yang digelar oleh Indonesia AIDS Coalition (IAC) di Kota Surabaya, Koswara dibentuk sebagai wujud gerakan bersama LSM dan organisasi yang bergerak di isu kesehatan untuk berkegiatan bersama sehingga lebih efektif.

"Koswara punya sesuatu yang Suroboyo banget. Spiritnya benar-benar Kita ambil bahwa Surabaya Wani Waras, Berani Sehat. Dalam waktu dekat kita ingin audiensi ke Walikota. Dan tentunya melakukan advokasi kepada teman-teman ODHA."kata Tim Inisiator Koswara Haris Teguh, Sabtu, (20/7/2019).

Koswara memiliki visi Terwujudnya Surabaya Sehat,  Menghapus Stigma dan Diskriminasi,  Membangun Jiwa Sosial,  dan Terwujudnya masyarakat adil dan sejahtera. Adapun Misinya yakni memberikan advokasi dan meningkatkan eksistensi.

"Koswara yang mewadahi banyak organisasi mempunyai kesepakatan bahwa Kita tidak akan berpolitik praktis." ungkapnya.

Koswara terdiri dari LSM dan organisasi diantaranya Ikatan Perempuan Positif Indonesia IPPI Jatim, PKBI Jawa Timur, Empowerment and Justice, PERWAKOS SUrabaya, Jaringan Gusdurian, Fokus Muda, POP TB, Focal Point JIP, dan ACS IAC. Namun demikian Koalisi ini tidak menutup diri bagi organisasi lain yang konsen di bidang kesehatan dan HIV AIDS untuk turut bergabung. 

Dalam perkembangannya, setiap tahun berbagai daerah melaporkan adanya temuan kasus HIV/AIDS. Jumlahnya terus bertambah. Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI3 melaporkan secara kumulatif jumlah kasus HIV mencapai 327.282 kasus dan 114.065 kasus AIDS pada Desember 2018. Sebanyak 460 kabupaten/ kota di seluruh provinsi di Indonesia telah melaporkan adanya temuan kasus HIV/AIDS. Ini berarti sekitar 89 persen kabupaten/ kota di Indonesia telah mencatat adanya kasus HIV/AIDS. 

Sejumlah LSM muncul di berbagai daerah untuk membantu pengendalian epidemi ini. Tidak jarang, organisasi-organisasi tersebut juga didirikan oleh para aktivis yang langsung terdampak oleh HIV/AIDS seperti orang dengan HIV/AIDS (ODHA). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00