• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Kenalkan Sosial Masyarakat, Siswa diajak Sambangi Lansia di Panti Werdha

18 July
14:54 2019
1 Votes (5)

KBRN, Surabaya : Puluhan pelajar SMA Negeri mendatangi Panti Werdha Hargodedali dijalan Manyar Kartika 22-24 Surabaya, Kamis (18/7/2019).

Mereka melakukan praktek lapangan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dalam kesempatan ini pelajar di SMA 16, Surabaya ini juga menyempatkan menghibur penghuni panti dengan menyanyi.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Hudiyono yang hadir dalam kegiatan tersebut menyebut, apa yang dilakukan para siswa ini merupakan pembelajaran berharga.

"Langkah sekolah mengenalkan hal positif ini patut ditiru. Dengan mendatangi tempat-tempat seperti panti Werdha ini bisa bermanfaat dalam ilmu kehidupan yang justru tidak didapatkan disekolah," ungkap Hudiyono dilokasi.

Mantan Kepala Bidang SMK Dindik Jatim ini menambahkan pengenalan lapangan ini dapat memicu motivasi ditengah lingkungan yang bervariasi. Pendidikan karakter yang diberikan sebagai upaya pembelajaran.

"Apa yang dilakukan anak-anak ini sebagai bentuk pengabdian. Hari ini mereka melaksanakan pengabdian. Para orang tua ini berjasa yang membesarkan anak-anaknya sampai berhasil," paparnya.

Kepala Sekolah SMAN 16 Surabaya Hj. RA Roosdiantini menambahkan kegiatan ini dapat mencerminkan kehidupan. Meski jauh dari keluarga mereka para orang tua ini tetap semangat dan bahagia.

"Kenapa di panti Werdha karena dipanti ada orang tua yang dimana bisa dilihat ketika mereka melihat orang tua apa yang dilihat. Latar belakangnya yang dipelajari. Mereka siswa bisa mendapatkan karakter sebuah keluarga," urainya.

Sementara itu salah satu siswa Altafannia Zalwa menceritakan bagaimana ia bertemu para lansia ini. Ia mengaku sedih dan teringat sang nenek yang sudah meninggal.

"Saya gak banyak waktu, aku agak sibuk jadi ketika eyang meninggal gak sempat lihat, tapi sempat ikut menguburkan. Ini bagi saya sebagai pembelajaran betapa berharganya orang tua," ucap Altafannia, dengan menangis.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00