• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Ekspedisi Destana, Cara BNPB Ajak Masyarakat Tanggap Bencana

12 July
09:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan ekspedisi desa tangguh bencana (Destana) di kawasan pesisir pantai selatan Pulau Jawa, dan dimulai dari Kabupaten Banyuwangi. 

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo menjelaskan, kegiatan ini dilakukan agar masyarakat sadar dan tahu apa yang harus dilakukan ketika ada bencana yang menimpa. 

"Kenapa kita lepas start-nya dari Banyuwangi? Karena pada tahun 1994 lalu pernah terjadi tsunami yang besar yang korbannya lebih dari 250 orang," katanya, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (11/7/2019).

Doni mengatakan, ekspedisi Destana akan dilaksanakan di daerah-daerah yang rawan bencana tsunami di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa, terutama di kawasan yang dalam sejarahnya pernah dilanda tsunami.

"Seperti di Pangandaran, Jawa Barat, dan di Banten," tambahnya. 

Di Banyuwangi, ekspedisi Destana dilakukan agar warga tidak lupa dengan sejarah daerahnya yang pernah dilanda tsunami. Bukan dalam rangka mengingatkan akan duka, tetapi agar selalu waspada dan siap melakukan langkah terbaik ketika bencana serupa terjadi. 

"Karena ini peristiwa alam, ada siklus-siklusnya," ungkap Doni.

Dari sejarah gempa dan tsunami, warga bisa mengetahui tanda-tanda dan melakukan langkah penyelamatan diri dan warga. Doni menyebut tiga langkah sederhana. 

"Contoh, ada gempa terasa getaran katakanlah selama 30 detik, maka kurang dari tiga menit tanpa harus ada peringatan alarm, mereka harus segera meninggalkan daerah yang rendah," katanya. 

Warga harus segera berlari menuju daerah yang lebih tinggi sedikitnya 30 meter. "Gampang mengingatnya, 30 detik (terasa getaran gempa), kurang dari tiga menit (meninggalkan daerah rendah), segera menuju ke ketinggian yang lebih dari 30 meter," ucap Doni.

Untuk daerah pesisir yang tidak memiliki atau jauh dari kawasan berdataran tinggi, maka warga bisa memanfaatkan pohon besar dan tinggi untuk menyelamatkan diri. 

Makanya ke depan BNPB berencana akan membuat semacam tangga di pohon-pohon kawasan pesisir, persiapan bagi warga menyelamatkan diri jika terjadi gempa dan tsunami.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00