• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kriminal

Tim STIK Lemdiklat Mabes Polri Evaluasi Kerja Kehumasan Polres Kediri Kota

11 July
18:42 2019
1 Votes (0)

RRI, Kediri : Untuk meningkatkan layanan kehumasan di berbagai daerah, terutama bagi perluasan informasi tentang kepolisian kepada masyarakat, Tim Peneliti dari Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Jakarta,  Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan (Lemdiklat) Mabes Polri mengevaluasi kinerja kehumasan Polres Kediri Kota.

"Hal ini kami lakukan dengan mendatangi Markas Komando (Mako) Kepolisian Resor Kediri Kota. Bahkan, kami juga keliling ke berbagai daerah lain di Jatim," kata Ketua Tim Peneliti dari STIK Lemdiklat Polri, Wahyurudhanto, saat berkunjung, di Polres Kediri Kota, Kamis (11/7/2019).

Wahyu menguraikan, kajian kehumasan ini diadakan dengan menggelar tanya jawab langsung kepada pihak Kepala Sub Bagian Humas (Kasubag) Humas Polres Kediri Kota bersama sejumlah jajarannya.

"Evaluasi ini, juga untuk mengetahui bagaimana pola kerja dan publikasi tentang pemberitaan kinerja kepolisian di daerah kepada media massa setempat," katanya.

Hal itu, imbuh dia, juga seiring dengan upaya Mabes Polri yang ingin menghadirkan Juru Bicara di tingkat Polres sebagai corong informasi publik. Bahkan, ke depan penugasan Juru Bicara ini layaknya Juru Bicara di KPK, yang selama ini mewakili lembaga untuk berkomunikasi langsung dengan media massa.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas Polres Kediri Kota, AKP Kamsudi menambahkan, pada evaluasi kerja humas kali ini, pihaknya meminta agar peran humas kepolisian di daerah memiliki lebih mendapat perhatian pada masa mendatang.

"Idealnya bidang humas ini, mendapat perhatian yang besar dan juga sarana yang memadai, bagi makin meluasnya pemberitaan tentang kepolisian. Hal ini sekaligus supaya sarana TI di kehumasan juga ditingkatkan, sehingga bisa mengakomodir berita yang berimbang dan sesuai fakta," katanya.

Di lokasi ini, Fendy Lesmana, salah satu jurnalis di Kediri, memberikan saran, jika ada baiknya peran humas di lingkup kepolisian bisa ditingkatkan dan tidak dibatasi oleh usia si petugas humas.

"Salah satunya, dengan menguasai teknologi informasi dan penulisan naskah berita yang baik. Bahkan bisa memahami kebutuhan media massa, yang makin berkembang seiring kemajuan TI," katanya.

Lebih lanjut, kata Fendy, ada baiknya pula peran humas ini juga diikuti oleh petugas kepolisian di tingkat kepolisian sektor atau polsek. Kondisi ini supaya cakupan berita yang disiarkan oleh rekan jurnalis semakin variatif dan lebih luas lagi.

Perlu diketahui, pada agenda evaluasi ini juga dihadiri, Kabag Sumda STIK Mabes Polri, Ilham Prigunanto dan sejumlah wartawan dari media radio, media TV,  cetak, online, dan media elektronik lainnya. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00