• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kriminal

Wujudkan Sinergitas, Wakapolres Kediri Kota Peringati HUT Bhayangkara Bersama TNI

10 July
14:07 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Untuk mewujudkan sinergitas antar lembaga, Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Kediri Kota, Kompol Iwan Sebastian S.ST ,S.H.,M.H memperingati Hari Bhayangkara ke-73 bersama sejumlah anggota TNI dan berbagai elemen masyarakat, di Mako Koramil Kota wilayah hukum Polres Kediri Kota, Rabu (10/7/2019).

Pada agenda ini, tampak Wakapolres Kediri Kota, Kompol Iwan Sebastian S.ST ,S.H.,M.H, memimpin langsung acara Tasyakuran dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73 tersebut.

Di lokasi ini, Sebastian membacakan, sambutan dari Kapolri Jenderal Polisi, Tito Karnavian, bahwa sejak 1 Juli 1946, melalui Penetapan Peraturan Pemerintah No.11 tahun 1946, di mana Djawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementrian Dalam Negeri ditetapkan menjadi djawatan tersendiri yang langsung dibawah Perdana Menteri atau Presiden selaku kepala pemerintah. Peristiwa yang terjadi tanggal 1 Juli 1946 juga menjadi momentum meleburnya berbagai elemen kepolisian di dalam satu Institusi Kepolisian yang bersifat nasional.

"Kami bersyukur sampai dengan saat ini, Polri dapat tetap survive dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan UU Polri," katanya.

Ke depan, harap dia, melalui sinergitas ini maka Kapolri dan Panglima TNI memiliki visi misi yang sama, agar seluruh anggotanya di penjuru Tanah Air dapat terus mengemban tugasnya dengan baik. Meskipun Pemilu 2019 telah berakhir, tapi mereka tetap disiagakan guna mendukung program-program pemerintah pasca Pemilu dan program selanjutnya.

"Hal ini juga demi meningkatnya situasi keamanan, hingga tercipta kesejahteraan masyarakat dan bertambahnya pendapatan negara. Kami berharap, pada kepemimpinan Presiden lima tahun mendatang, kesejahteraan anggota TNI-Polri meningkat hingga 100 persen," katanya.

Sebelumnya, dalam HUT Bhayangkara ke-73 ini, Polres Kediri Kota telah melakukan serangkaian acara. Seperti lomba siskamling, olahraga bersama, pasar murah, lomba babinkamtibmas, donor darah, kunjungan ke persatuan purnawirawan Polri, dan anjangsana anggota yang sakit.

"Kami juga telah memberi santunan anak yatim, bansos dan kerja bakti, ziarah ke taman makam pahlawan, dan panggung prajurit," katanya.

Pada acara tasyakuran ini, juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Wakapolres Kediri Kota yang diserahkan kepada anggota termuda yaitu Bripda Dewi Kartika Safitri karena sebagai penerus Polri di masa depan. Selain itu, juga ada pertunjukkan pencak silat dari Pencak Silat Asad,  Pencak Silat PSHT dan Pencak Silat Pagar Nusa.

Pada ajang tersebut, hadir Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu HS. Di tempat yang sama, dia memberikan selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang Ke-73, dan menyampaikan  bahwa 73 tahun tersebut bukanlah sekedar angka, namun sebuah simbol kematangan usia dan profesionalitas kerja Polri.

Dalam sambutannya, Budwi Sunu mengucapkan, terima kasih atas kolaborasi Polri dalam menciptakan situasi Kota Kediri yang tertib dan aman. Alhasil, Kota Kediri selalu kondusif tidak ada gejolak apapun.

"Hal tersebut terbukti pada waktu pemilu kemarin, bahwa Kota Kediri termasuk kota yang paling kondusif dalam penyelenggaran pemilu tahun 2019," katanya.

Perlu diketahui, hadir pula di lokasi ini, Ketua Pengadilan Negeri Kota Kediri, Sarah Louis Simanjutak, Kepala BNN Kota Kediri, AKBP Bunawar, Kasdim Mayor Inf Joni Morwantoto, Kasbrig 16 W/Y, perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Kediri dan anggota purnawirawan Polri.

Ada pula, kehadiran Toga, Tomas, BEM/Mahasiswa, Banser, Senkom, Perguruan beladiri, Bhayangkari, Persit, dan elemen masyarakat. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00