• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Cerita Dibalik Jinggle Porprov

5 July
00:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya; Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tidak hanya membuktikan perhatiannya yang cukup besar kepada dunia olahraga di Jawa Timur. Pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2019, Khofifah juga membuktikan diri mampu menciptakan jinggle multievent tersebut. Jinggle yang betajuk "Laga" itu bahkan dibuat hanya dalam waktu kurang dari 24 jam. 

Ketua Umum KONI Jawa Timur Erlangga Satriagung menyatakan apresiasinya kepada Khofifah yang mampu menciptakan lagu disela kesibukan sebagai seorang Gubernur.

" Saking memberikan attensinya kepada olahraga di Jawa Timur, beliau sampai menciptakan sebuah jinggle Poprov. Yang luar biasa lagi jinggle Porprov itu dibuat dalam waktu kurang dari 24 jam. Ini adalah bukti beliau saking cintanya kepada olahraga. Karna memang beliau tumbuh sebagai mantan atlet hoki dan mantan atlet panjat tebing" kata Erlangga saat sambutan penyambutan api di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (4/7/2019).

Sementara itu, Khofifah menceritakan asal mula mengapa dirinya menciptakan jinggle tersebut. Kendati tidak mengerti mengenai aransemen musik, namun ternyata ia mempunyai semangat besar untuk membuat liriknya.

" Waktu itu saya tanya apakah sudah punya jiggle apa belum, katanya belum. Saya tidak tau cara bikin aransemen, tapi untuk bikin lirik ada semangatnya. Sebenarnya sudah disipakan dua jinggle namun saya minta di exercise oleh cita entertainment. Satu cetar bersinar, kedua adalah laga. Ada beberapa kalimat yang di mix" terang Khofifah didepan media.

Dalam lirik lagu "laga" tersebut, Khofifah menyelipkan keinginan agar lagu itu tidak hanya mampu membangun semangat bertanding tetapi juga meredapi nilai-nilai yang ingin disampaikan seperti sportifitas dan mental juara.

"IIntinya saya ingin menyambungkan pikiran-pikiran sportifitas dan mental juara dalam olahraga. Saya rasa atlet Jawa Timur punya mental juara yang luar biasa. Kalau kita punya jinggle maka spirit itu akan bisa terbangun lebih masif" tambah wanita yang juga mantan Menteri Sosial itu.

Lebih dari itu, Khofifah juga berharap melalui olahraga akan bisa membentuk karakter seorang atlet. Hal ini penting karena karakter atlet yang baik akan mampu menciptakan prestasi yang lebih baik.

"Kita mendorong prestasi yg bisa membentuk karakter sportifitas dan mental juara. Karna karakter harus dibentuk dan harus disiapkan untuk menjadi atlet yang mempunyai mental juara. Siap untuk maju di medan laga baik itu regional, nasional, asia, asean, dan dunia. Makin sering mereka berlaga, maka mereka akan semakin tahu dan mampu meningkatkan serta mencetak rekor di masing-masing cabang olahraga" jelas Khofifah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00