• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu

KPU Kabupaten Kediri Tunda Rapat Pleno Penetapan Calon Anggota DPRD

4 July
20:47 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menunda agenda Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi Pemilu 2019 dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Kediri Periode 2019-2024, yang idealnya dilakukan pada Kamis (4/7/2019).

"Kami minta maaf kepada masyarakat, karena menunda Rapat Pleno ini dan diubah menjadi Rapat Koordinasi Pra Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Anggota Calon DPRD Kabupaten Kediri Tahun 2019-2024," kata Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sumarni, saat menghadiri Rapat Koordinasi Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Anggota Calon DPRD Kabupaten Kediri Tahun 2019-2024, di Hotel Bukit Daun Kediri, Kamis (4/7/2019).

Ninik mengungkapkan, alasan penundaan Rapat Pleno tersebut karena KPU Kabupaten Kediri menunggu perintah langsung dari KPU RI. Apalagi, pelaksanaan Rapat Pleno itu baru bisa digelar sampai ada petunjuk resmi dari KPU RI, seiring telah terbitnya surat berita sengketa dari Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tapi, sampai sekarang surat berita sengketa itu belum terbit dari MK," ujarnya.

Meski demikian, tambah dia, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Forkopimda dan seluruh stake holder yang telah memenuhi undangan pada acara tersebut.

"Kami juga memberi apresiasi kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri dan jajarannya, rekan media, dan sejumlah tamu undangan lain yang telah datang di lokasi ini. Semoga dalam waktu dekat, kami bisa menjalankan agenda yang tertunda ini," katanya.

Di lokasi yang sama, Anggota Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Sosialisasi Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Nanang Qosim, mengamini, memang seharusnya tanggal 1 Juli lalu, sudah ada surat BRPK dari Mahkamah Konstitusi (MK). Di sisi lain, pelaksanaan Rapat Pleno dengan agenda Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Anggota Calon DPRD Kabupaten Kediri Tahun 2019-2024, harus menunggu surat dari MK ke KPU RI.

"Hal ini karena 'bola'-nya ada di Mahkamah Konstitusi (MK), jadi kami masih menunggu surat edaran tersebut," katanya.

Ke depan, harap dia, hal ini tidak akan mempengaruhi jadwal pelantikan para wakil rakyat di Kabupaten Kediri, yang direncanakan berlangsung pada Agustus mendatang.

"Kemungkinan besar, hal ini tidak akan berdampak pada pelantikan mereka. Karena, kelihatannya sebentar lagi surat dari MK itu terbit dan diberikan kepada KPU RI dan selanjutnya dari KPU RI diteruskan di KPU yang menyebar di seluruh Kabupaten/Kota di Tanah Air," katanya. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00