• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Seni & Budaya

HANI 2019, BNN Kota Kediri Suguhkan Pagelaran Wayang Orang Anti Narkoba

27 June
12:41 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2019, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri mengadakan Pagelaran Wayang Orang Anti Narkoba.

"Pada HANI yang diperingati setiap tanggal 26 Juni, kami dari BNN Kota Kediri mengajak generasi milenial untuk memerangi narkoba. Untuk peringatan HANI 2019, kami lakukan dengan cara mementaskan Pagelaran Wayang Orang Anti Narkoba Mustikaning Daha, yang dimainkan oleh siswa siswi SMP Pawyatan Daha 1 Kota,Kediri, pada Rabu (26/6/2019)," kata Kepala BNN Kota Kediri, AKBP. Bunawar, S.H., Kamis (27/6/2019).

Bunawar menyampaikan, dengan cara itulah maka, diseminasi informasi P4GN dikemas dalam Pagelaran Seni Wayang Orang dengan lakon "Kidung Katresnan Srikandi". Sebelum pagelaran resmi dibuka, ditampilkan pula persembahan lagu karawitan dengan lirik anti narkoba.

"Selama ini, SMP Pawyatan Daha 1 Kediri selalu berkomitmen untuk menjadi sekolah yang penuh kreasi dan bersih dari narkoba. Nah pementasan Wayang Orang Anti Narkoba, pada tahun ini menjadi Puncak Peringatan HANI 2019," katanya.

Secara umum, jelas dia, hal tersebut seiring betapa pentingnya peranan generasi milenial yang sehat dan bersih narkoba dalam kelangsungan bangsa ini. Lantaran, generasi milenial pada masa ini, harus tumbuh menjadi kader bangsa yang unggul dan tangguh dalam menghadapi tantangan pembangunan. Selain itu, mereka juga harus bertanggung jawab terhadap masa depan kehidupan bangsa dan negara.

Pada peringatan HANI 2019, juga digelar seminar, hingga Pameran P4GN yang menampilkan beragam produk P4GN BNN Kota Kediri. Seperti Kurikulum Terpadu P4GN mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas dan sederajat.

"Selain itu pameran juga menampilkan display narkotika, Teater Boneka P4GN, display alur dan proses screening melalui tes urine, serta foto-foto hasil dokumentasi kegiatan yang telah dilaksanakan BNN Kota Kediri," katanya.

Di sisi lain, BNN Kota Kediri juga telah menyelenggarakan beragam kegiatan pra-HANI, di antaranya, Diseminasi Informasi P4GN melalui Ramadhan Drum Fest 2019, Pembagian Zakat, Infaq, dan Sadaqah BNN Kota Kediri, Bakti Sosial melaui Pembagian Takjil serta Bingkisan Sembako pada Kaum Dhuafa, Tes Urine pada Pengemudi AKAP dan AKDP Menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Ada pula agenda Diseminasi Informasi P4GN dalam acara Car Free Day, dan masih banyak lagi. Ke depan, pihaknya juga akan menyelenggarakan beberapa kegiatan bertajuk paska-HANI. Seperti kegiatan Sepeda Santai Anti Narkoba yang diselenggarakan oleh  Pemerintah Kota Kediri. 
Tujuan kegiatan mulai dari pra sampai dengan paska-HANI adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Kediri akan bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Hal ini seiring dengan tema HANI, "Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas". 

"Kegiatan HANI 2019 menyasar kalangan muda yang saat ini lebih akrab disapa kaum milenial karena generasi muda sebagai penggerak pembangunan. Jika generasi muda dapat tumbuh sehat tanpa narkoba, maka bangsa ini akan menuju masa depan yang lebih baik," katanya. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00