• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Gubernur Jawa Timur Resmikan Maskot Porprov 2019

26 June
14:19 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya ; Logo dan maskot untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VI 2019 yang akan berlangsung pada 6-13 Juli mendatang secara resmi di launching di Gedung Negara Grahadi, hari in, Rabu (26/06/2019).

Pada launching yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tersebut, ada 4 maskot Porprov yang diperkenalkan yakni Si Lawe yang merupakan maskor dari Kabupaten Tuban, Si Lilo yang merupakan maskot Kabupaten Lamongan, Si Giro yang merupakan maskot Kabupaten Gresik dan Si Meli yang merupakan maskot Kabupaten Bojonegoro. Setiap maskot tersebut menggambarkan simbol semangat masing-masing daerah untuk menyukseskan Porprov 2019.

Gubernur jawa timur khofifah indar parawansa berharap dari ajang Porprov ini bukan hanya akan mencetak atlet-atlet  potensial yang mampu mengharumkan nama Jawa Timur tetapi juga mampu membangun persatuan dan persaudaraan.

"  Dari arena porprov ini, semoga kita bisa membangun persatuan, persaudaraan. Karena atlet ini adalah mediator upaya membangun persatuan, persaudaraan dan kedamaian. Mari mulai dari Jawa Timur " Kata Khofifah dalam sambutnya.

Maskot Si Giro (maskot Kabupaten Gresik) adalah karakter kerbau giras yang menjadi simbil berkobarnya semangat masyarakat Gresik secara umum. Kedua, Lilo (mascot Kabupaten Lamongan). Bandeng dan Lele sebagai inspirasi bentuk dan karakter.  Lilo initial Lele Lokal yang khas Lamongan merepresentasikan kelincahan, kecerdasan dan semangat juang tanpa henti yang mampu mengobarkan jiwa dan semangat di Porprov.

Ketiga, SI Lawe (mascot kabupaten Tuban). Si Lawe adalah simbol kuda yang membawa jiwa semangat, kecepatan, kekuatan, menjunjung nilai sportivitas, fair play dan penuh komitmen. SI Lawe ini adalah penggambaran dari sosok ketokohan RH Ronggolawe, Adipati Tuban. Keempat, SI Meli (Maskot Kabupaten Bojonegoro). Si Meli adalah Mliwis Putih yang merepresentasikan kebanggaan masyarakat Bojonegoro yang berkepribadian lincah, cepat, cerdas dan berprestasi.

Menjelang pembukaan di Stadion Surajaya Lamongan pada 6 Juli, sebelumnya ada beberapa rangkaian acara lainnya yaitu pengambilan Api Porprov yang akan dilakukan dari Api Abadi Kayangan di Bojonegoro, Senin (1/7). Selanjutnya menuju Tuban, Lamongan, Gresik, kemudian menginap sehari di Gedung Negara Grahadi untuk kemudian dibawa lagi ke Lamongan pada 5 Juli 2019.

Porprov VI/2019 ini mengusung tema Jawa Timur Menembus  Dunia. Tema ini merupakan gambaran tekat dari ajang multievent ini agar menghasilkan atlet-atlet yang nantinya bisa berprestasi tingkat dunia, karena terbukti di event SEA Games dan Asian Games, atlet-atlet Jatim jadi backbone kontingen Indonesia.

Sedangkan seiring dengan perkembangan era 4.0, slogan pada Porprov kali ini  adalah " Atlet milenial Jatim menuju prestasi puncak".

Porprov keenam kali ini juga mencatatkan diri sebagai pekan olahraga provinsi terbesar di Indonesia karena total akan diikuti 7.818 atlet, 2.484 ofisial, total ada 10.302 peserta yang terlibat langsung dengan event ini.

Untuk cabang olahraga yang dipertandingkan  ada 40 cabang olahraga dan nomor yang dipertandingkan/dilombakan mencapai 525 nomor.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00