• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Pertahankan Juara, Kota Kediri Kirim 291 Atlet Pada Porprov Jatim 2019

25 June
16:55 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Pada ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) Tahun 2019, yang digelar 6-13 Juli mendatang di empat kabupaten/kota sekaligus, sebanyak 291 atlet yang tergabung dalam Kontingen Kota Kediri meyakini dapat mempertahankan posisi juara tiga besar.

"Minimal, pada perhelatan Porprov Jatim tahun ini, kami bisa mempertahankan gelar juara seperti tahun lalu, yakni peringkat ketiga," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Kediri, Heru Marwanto, di Kota Kediri, Selasa (25/6/2019).

Heru menjelaskan, untuk mencapai target juara pada agenda Porprov tersebut, Kota Kediri mengirimkan 291 atlet dan 85 official. Mereka berasal dari 30 cabang olahraga (cabor) yang selama ini menjadi binaan KONI Kota Kediri.

"Jika dilihat dari jumlah atlet dan official yang dikirim ke ajang Porprov Jatim 2019, maka rombongan asal Kota Kediri berada di posisi 8 terbesar, dari 38 kabupaten/kota se-Jatim," katanya.

Sementara, ungkap dia, daerah dengan jumlah atlet dan official terbanyak se-Jatim, di posisi pertama ada Kota Surabaya dengan 624 atlet dan 177 official. Kemudian, posisi kedua ada Kabupaten Sidoarjo yang mengirimkan 485 atlet dan 124 official.

"Kalau dari banyaknya atlet yang  diterjunkan, tentu persaingan untuk meraih juara memang sangat ketat. Apalagi, daerah yang memiliki banyak atlet, tentunya mempunyai peluang besar dalam mengikuti berbagai cabor yang dipertandingkan," katanya.

Namun demikian, tambah dia, meski ada satu cabor, yakni cabor sepak bola yang absen pada Porprov Jatim 2019, KONI Kota Kediri tetap optimistis 30 cabor lain bisa berjuang maksimal. Bahkan, mereka dapat meraih prestasi dan mempersembahkan performa terbaik bagi nama harum Kota Kediri.

"Hal ini, juga ditunjang oleh sejumlah cabor yang kami unggulkan untuk meraih banyak medali. Seperti, cabor atletik, angkat besi, angkat berat, cabor wushu, hingga taekwondo," katanya.

Walau begitu, lanjut dia, jika dibandingkan dengan kinerja Porprov Jatim Tahun 2018, memang tampak perbedaan. Kondisi itu karena saat itu, cabang olahraga yang diunggulkan hampir merata di semua cabor.

"Dengan bekal telah melakukan Pemusatan Latihan Kota selama ini, kami terus memberikan semangat, dukungan, dan doa agar para atlet Kota Kediri bisa memberikan kiprah terbaik mereka. Hal itu, karena Porprov Jatim adalah fokus kerja kami pada tahun ini," katanya. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00