• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Gubernur Jatim Dukung Program PLN Konversi Kompor Induksi

25 June
09:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Sebagai upaya untuk mewujudkan efisiensi energi dan mengoptimalkan energi yang andal, aman, serta ramah lingkungan di Provinsi Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dukung program PLN Distribusi Jawa Timur tentang konversi kompor energi lain ke kompor induksi. 

Hal ini dikuatkan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Gubernur Jawa Timur, Nomor 671/2701/124.3/2019 tanggal 14 Juni 2019 tentang himbauan penggunaan kompor induksi di Jawa Timur. 

Untuk mensukseskan program tersebut, Khofifah meminta dukungan dari masyarakat khususnya konsumen rumah tangga PLN dengan daya sama dengan atau lebih besar 2200 VA. Maupun stakeholder seperti Asosiasi Pengelola/Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun/Apartemen/Perhotelan/Real Estate/Restoran di Jawa Timur. 

Menanggapi hal tersebut, General Manager PLN UID Jatim, Bob Saril mengapresiasi secara positif langkah Pemprov Jawa Timur, serta menyampaikan kapasitas pasokan listrik Jawa Timur yang mencukupi jika masyarakat dan stakeholder lainnya beralih menggunakan kompor induksi.

Sebelumnya, PLN UID Jawa Timur telah menggiatkan serangkaian acara sebagai bentuk kampanye electrifying lifestyle ini. Mulai dari promo kompor induksi saat Car Free Day di beberapa kota di Jawa Timur, masak menggunakan kompor induksi di Gebyar UKM di beberapa Kota dan Kabupaten Jawa Timur, serta pembudayaan menggunakan kompor induksi di lingkungan internal PLN.

Perwakilan Dinas ESDM Jawa Timur, Didik Agus menyampaikan dukungan sepenuhnya atas terobosan PLN ini. "Terobosan ini sangat bagus, memanfaatkan potensi energi yang eksisting. Seperti yang kita ketahui, kapasitas daya listrik di Jawa Timur ini masih mencukupi," jelasnya, Selasa (25/6/2019).

"Disisi lain, melalui program ini kita juga berkontribusi dalam program penyelamatan lingkungan, maka sudah seharusnya untuk didukung dan digunakan oleh masyarakat khususnya golongan menengah ke atas," pungkasnya.

Manfaat kompor induksi:
1. Aman
Kompor induksi tidak memancarkan panas dan tidak memiliki nyala api, selaitu itu ada timer sehingga lebih aman dan resiko kebakaran kecil.

2. Ramah Lingkungan
Kompor induksi tidak membuang emisi seperti CO2 sehingga lebih ramah lingkungan.

3. Suhu Mudah Diatur dan Konsisten
Kompor induksi menginduksi peralatan masak yang digunakan, bukan kompornya sehingga pemanasannya lebih cepat. Selain itu, suhu dapat diatur sesuai kebutuhan dan stabil dalam waktu yang lama.

4. Elegan dan Mudah Dibersihkan
Elegan dan mudah dibersihkan tampilan kompor yang ramping dan berbentuk datar dengan lapisan kaca akan mempermudah pengguna untuk membersihkannya.

5. Praktis
Kompor induksi sifatnya portable (mudah dibawa kemana-mana) dan mudah digunakan, cukup dicolokkan ke stop kontak.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00