• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Kelurahan Pojok Wakili Kota Kediri Pada Lomba Kelurahan Tingkat Jatim

20 June
20:08 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Pada saat ini, Kelurahan Pojok, berhasil mewakili Kota Kediri menjadi salah satu nominasi untuk Perlombaan Kelurahan dan Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019.

"Tahun ini, untuk wilayah kota ada empat kelurahan di Jawa Timur yang menjadi nominasi di tingkat Provinsi Jawa Timur. Masing-masing, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Madiun, dan Kota Kediri. Untuk di Kota Kediri, Kelurahan Pojok yang mewakili area ini," kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Jawa Timur, Heru Suseno, ditemui usai menghadiri Penilaian Lapang Perlombaan Kelurahan dan Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019, di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Kamis (20/6/2019).

Menurut Heru, penilaian pada setiap kelurahan tersebut didasari oleh serangkaian aspek. Mulai dari tahapan proses administrasi, hingga memanggil setiap kelurahan untuk memaparkan potensi kelurahannya di berbagai bidang.

"Misalnya bidang pemerintahan, pemberdayaan, dan kemasyarakatan," ujarnya.

Di samping itu, ulas dia, ada pula beberapa indikator yang dijadikan penilaian pula. Hal itu antara lain, indikator pemerintahan, kewilayahan, dan ekonomi.

"Penilaian ini dimulai sejak sekarang hingga selesai tanggal 26 Juni 2019. Ke depan, kami akan memberitahukan hasil ini pada masing-masing kepala daerah," katanya.

Lalu, pada tahap selanjutnya, dari empat kota nominasi ini, hanya akan ada satu daerah yang memiliki nilai tertinggi, dan berhak mewakili Provinsi Jawa Timur untuk melaju ke tingkat regional.

Di lokasi yang sama, tampak hadir Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, segenap Forkopimda Kota Kediri, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kediri, Adhi Sutrisno, serta Kepala Kelurahan Pojok, Erly.

Pada kesempatan ini, Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, menyampaikan, sangat mengapresiasi keberhasilan Kelurahan Pojok sebagai salah satu nominasi perlombaan kelurahan tingkat Provinsi Jatim.

"Kalau ditanya persiapan lomba ini, semuanya biasa saja dan berjalan seperti rutinitas saat melayani masyarakat," katanya.

Namun demikian, yakin dia, berkat adanya unsur kebersamaan yang dibangun selama lima tahun ini maka terbentuklah partisipasi publik. Alhasil, mereka juga memiliki semangat dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Kota Kediri, terutama di tingkat kelurahan.

"Untuk di Kelurahan Pojok, kami rasa layanan masyarakat di sini sangat bagus. Bahkan, Kelurahan Pojok menjadi pilot project layanan online di Kota Kediri," katanya.

Dengan berbagai langkah tersebut, lanjut dia, saat ini Kelurahan Pojok bukan lagi daerah yang terpojok sesuai namanya, atau terpinggirkan di Kota Kediri. Akan tetapi, kawasan ini sudah berkembang dan memiliki fasilitas yang mengarah ke tengah kota.

"Lihat saja, di Kelurahan Pojok, ada banyak kampus yang berdiri. Seperti Universitas Kadiri, Politeknik Kediri, yang semuanya ini mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas pada masa mendatang," katanya. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00