• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Dinas Pendidikan Jatim Intensif Pantau PPDB di SMA/SMK

13 June
16:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di Surabaya-Sidoarjo, Sukaryanto intensif memantau proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sejumlah SMA/SMK. Pemantauan dilakukan untuk memastikan kelancaran dan mengetahui kendala yang ada. Selain melihat langsung proses pendaftaran, ia juga melakukan audiensi dengan pihak panitia guna membahas pelaksanaan PPDB di masing-masing sekolah. Saat melakukan pemantauan di SMKN 2 dan SMA 21 Surabaya, Sukaryanto menyampaikan, bahwa pelaksanaan PPDB hingga saat ini relatif lancar. “Mereka yang mendaftar nampak antusias. Dan pelayanannya juga baik,” terangnya, Kamis (13/6) 

Suasana pendaftaran di SMK 2 dan SMAN 21 Surabaya tak begitu ramai. Namun, pihak panitia dengan ramah mengarahkan para pendaftar yang datang sesuai alur proses pendaftaran. Di Surabaya terdapat 10 SMKN, sedangkan SMA Negeri ada 22 sekolah. Saat ini, dalam tahapan PPDB memasuki proses pendaftaran SMA/SMK untuk jalur prestasi dan mitra warga. Karena pendaftarannya menggunakan sistem on line, untuk mengantisipasi kendala dalam proses pendaftaran siswa di jalur zonasi umum, Dinas Pendidikan Jawa Timur melakukan kerjasama dengan beberapa pihak diantaranya PT. Telkom. “Secara umum kalau bicara internet, listrik bagian dari fakta lapangan. Dengan sistem yang bagus dan koordinasi yang baik sistem bisa efektif. Karena pendekatan IT, kami kerjasama dengan telkom dan beberapa pihak lainnya,” katanya

Dalam penerimaan peserta didik baru tingkat SMA /SMK, kuotanya sebesar 20 persen dialokasikan untuk warga miskin dan buruh, 50 persen untuk jalur zonasi umum berdasarkan kedekatan antara sekola dengan tempat tinggal, dan 20 persen untuk peraih nilai ujian nasional tertinggi, 5 persen untuk jalur prestasi dan 5 persen untuk jalur mutasi orang tua. Pendaftaran jalur mutasi, mitra warga dan prestasi dilakukan 11- 13 Juni, sedangkan jalur zonasi 17 – 20 Juni 2019.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00