• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Ini Langkah Gubernur Jatim Khofifah Atasi Anjloknya Harga Ikan

13 June
11:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Menyikapi anjloknya harga ikan di pasaran, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa siapkan beberapa strategi, yang diharapkan dapat menguntungkan para petani tambak maupun pedagang. 

Khofifah menyebut, strategi pertama adalah kebutuhan gudang pendingin yang disebut cold storage. Beberapa wilayah, menurutnya membutuhkan alat ini, seperti Lamongan dan Probolinggo. 

"Kita coba melakukan pemetaan kebutuhan cold storage di titik titik pelelangan ikan," ujarnya seusai mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lamongan, Kamis (13/6/2019).

Dengan keberadaan cold storage tersebut, dapat memberikan waktu lebih lama bagi ikan ikan yang telah dipanen. Sehingga tidak membanjiri pasar, yang juga menjadi penyebab murahnya harga ikan. 

Solusi strategis lainnya, lanjut Khofifah adalah mengajak kerjasama dengan perusahaan perusahaan makanan yang bahan bakunya adalah ikan, khususnya ikan Bandeng. Bahkan Khofifah telah menjajaki komunikasi dengan lima perusahaan. 

"Yang satu di SIER. Itu ada yang bahan bakunya adalah ikan terutama Bandeng," imbuhnya. 

Khofifah akan mengkomunikasikan bagaimana mereka bisa menyerap lebih banyak. Diakui Khofifah, pihaknya sudah mendapatkan peta kemampuan serap dari lima perusahaan yang ada di Surabaya itu.

"Sehingga dalam waktu dua, tiga hari ini, kalau mereka bisa menyerap dalam jumlah lebih besar, Insya Allah normalisasi harga Bandeng, terutama di sini juga Mujaer relatif akan bisa terdorong akan masuk ke harga normal," lanjutnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00