• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Jelang Musim Tanam, Sebabkan Harga Ikan Anjlok

13 June
11:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Harga ikan di Lamongan mengalami penurunan drastis. Seperti yang terjadi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lamongan, dimana harga ikan berada dikisaran Rp 4ribu per kilogram. 

Seperti yang diakui Nisa, salah satu pedagang di TPI Lamongan, harga ikan Bandeng dijual seharga Rp 3ribu, padahal biasanya seharga Rp 15ribu perkilogram. 

"Saiki murah (sekarang murah, red)," katanya singkat kepada RRI Surabaya, Kamis (13/6/2019).

Menerima informasi anjloknya harga ikan, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa langsung turun memantau di TPI Lamongan, bersama dengan Kepala Dinas terkait, seperti Kadis Perindag, dan Kadis Perikanan. 

Khofifah langsung berinteraksi, dan mencari tahu penyebab anjloknya harga ikan tersebut di pasaran, khususnya ikan Bandeng. Diketahui, jika petani tambak terpaksa memanen sebelum waktunya. 

"Kenapa Bandeng ini kecil-kecil diambil (dipanen, red). Karena sudah waktunya masa tanam," kata Khofifah menirukan jawaban penjual.

Tambak yang digunakan untuk budidaya ikan tersebut, akan memasuki masa tanam, sehingga ikan ikan harus segera dipanen, meski belum waktunya. Itu artinya, kata Khofifah, ada siklus yang harus terkonfirmasi kepada para petani. 

"Termasuk adalah petani tambak. Sehingga ketika musim tanamnya mereka kapan, musim menyemainya kapan," ujarnya. 

Dengan mengetahui siklus tanam, dan menyemai padi, diharapkan bahwa pada saat menjelang musim panen mereka sudah menghitung musim tanam. Sehingga tidak memanen pada saat bandeng ini masih terlalu kecil.

"Menurut saya. Tadi saya tanya kenapa kecil kecil dipanen karena sudah mau musim tanam. Berarti ada siklus yang harus dikomunikasikan," tandasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00