• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & HAM

Wujudkan Zona Integritas, Gedung Baru PN Kota Kediri Senilai Rp 16 M Diresmikan

11 June
14:31 2019
1 Votes (5)

RRI, Kediri : Untuk mewujudkan sistem peradilan dan pemerintahan yang bersih, atau dikenal dengan Zona Integritas, Direktur Jenderal (Dirjen) Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI, Herri Swantoro meresmikan gedung baru, Kantor Pengadilan Negeri (PN) Kota Kediri, di Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Kediri, Selasa (11/6/2019).

"Area ini pindah dari gedung sebelumnya di Jalan Dr Saharjo, Kota Kediri. Lalu selanjutnya, Kantor PN Kota Kediri yang lama, akan difungsikan sebagai Gedung Kantor Pengadilan Agama Kota Kediri," kata Dirjen Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI, Herri Swantoro, usai meresmikan Gedung Kantor Pengadilan Negeri Kota Kediri, Selasa (11/6/2019).

Menurut dia, letak gedung baru ini sangat cocok sebagai kantor baru Pengadilan Negeri Kota Kediri  Hal itu dapat ditinjau, dari sejumlah aspek, di antaranya lokasi yang sangat strategis. Penyebabnya, karena berdekatan dengan berbagai kantor Lembaga Adhyaksa. Misalnya kemudahan akses dengan Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas,  hingga dekat pula dengan Kantor Kejaksaan Negeri Kota Kediri.

"Setelah dilihat dengan seksama dan memperhitungkan segala aspek, akhirnya anggaran Rp 16 miliar yang kami ajukan kepada Pemerintah Pusat disetujui. Dan kini, sudah terwujud Gedung Baru Kantor Pengadilan Negeri Kota Kediri yang berdiri kokoh dan baik, tanpa harus merobohkan bangunan cagar budaya di areal serupa," katanya.

Ke depan, saran dia, gedung baru PN Kota Kediri ini diharapkan mampu menambah layanan kepada masyarakat. Khususnya mewujudkan dua pelayanan utama yakni Pelayanan Peradilan dan Pelayanan  Persidangan.

"Semua bentuk pelayanan ini terangkum dalam Program Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (PTSP) dan perwujudan zona integritas," katanya.

Sementara itu, turut hadir di lokasi peresmian Gedung Baru PN Kota Kediri, Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar.

Abdullah berharap, peresmian gedung ini bisa menambah kunjungan masyarakat luar daerah ke Kota Kediri. Apalagi konon, di kantor ini memiliki nilai historis yang kental tentang perjuangan Bangsa Indonesia. Tepatnya, Gedung Kantor Pengadilan Negeri Kota Kediri ini adalah tempat pertama berkibarnya Bendera Merah Putih, pada zaman Indonesia Merdeka atau sekitar tanggal 19 Agustus 1945.

"Dari nilai historis inilah, ditambah dengan besarnya animo wisatawan penggemar sejarah, maka Pemkot Kediri siap memasukkan Gedung Baru PN Kota Kediri ke dalam destinasi City Tour, yang kini sedang dirampungkan bersama objek wisata sejarah lainnya," katanya.

Sebagai contoh, lanjut dia, ada Gereja Merah dan Masjid Agung di Kota Kediri, yang memiliki arsitektur unik serta menarik. Kemudian, ada Gereja Santa Maria di Puhsarang, Kabupaten Kediri, dan Jembatan Rangka Besi pertama di Indonesia, yang lokasinya ada di Kediri. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00