• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Mudik - Balik

Lebaran, Ribuan Pemudik Di Kediri Pilih Kereta Api Sebagai Moda Transportasi

7 June
17:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kediri : Pada masa arus mudik hingga arus balik Lebaran 1440 Hijriah, sebanyak ribuan pemudik menggunakan kereta api di Stasiun Kediri. Hal tersebut berdasarkan catatan dari PT KAI Daerah Operasional (Daop) 7 Madiun yang membawahi Stasiun Kediri.

"Secara umum, arus mudik dari tgl 26 Mei tanggal 6 Juni 2019 volume penumpang tertinggi mencapai 21.139 orang. Kondisi ini terjadi pada tanggal 6 Juni 2019 (Hari Kedua Lebaran)," kata Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, melalui keterangan persnya, di Kediri, Jumat (7/6/2019).

Untuk volume kedatangan tiap stasiun, ungkap Ixfan, pencapaian tertinggi terlihat di Stasiun Besar Madiun sebanyak 5.129 orang. Posisi berikutnya di Stasiun Blitar sebanyak 2.628 orang.

"Kemudian, di Stasiun Kediri sejumlah 2.067 orang dan terakhir Stasiun Tulungagung sebanyak 2.215 orang," ujarnya.

Sementara itu, tambah dia, memang selama masa angkutan Lebaran, 1 Syawal 1440 Hijriah moda transportasi kereta api tetap menjadi favorit pemudik. Khususnya, di wilayah PT KAI Daerah Operasional 7 Madiun yang membawahi Stasiun Kediri.

Menurut Putra Lesmana, salah satu penumpang kereta api Rapih Dhoho, yang melakukan perjalanan dari Stasiun Kediri menuju Stasiun Surabaya Kota, 
seperti perjalanan mudik tahun sebelumnya, dia juga memakai kereta api sebagai pilihan transportasi pulang kampung.

"Kereta api adalah moda transportasi favorit bagi keluarga kami," kata Putra Lesmana.

Dia mengatakan, sangat senang bisa bepergian bersama keluarganya dengan menggunakan jasa kereta api. Lantaran, dengan memakai sarana ini dia bisa memperoleh kursi yang nyaman dan lega.

"Selain itu, biaya untuk mudik Lebaran sangat terjangkau dibandingkan memakai angkutan lainnya, sehingga lebih hemat," katanya. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00