• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Mudik - Balik

Layani Pemudik, Dinkes Kota Kediri Siagakan Petugas Medis 24 Jam Penuh

6 June
12:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kediri: Untuk menjamin layanan kesehatan pemudik, baik pada arus mudik maupun arus balik Idul Fitri tahun 2019, Dinas Kesehatan Kota Kediri menyiapkan sejumlah petugas medis di tiap Pos PAM Lebaran 1440 Hijriah.

"Yang mana, secara umum para petugas ini kami kerahkan selama 24 jam penuh di tiap Pos PAM Lebaran," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Kediri, Rizal Amin, di Kediri, Kamis (6/6/2019).

Dia menjelaskan, pada momentum hari besar keagamaan ini, pihaknya telah menyiagakan 3 orang tenaga medis di tiap Pos PAM Lebaran.
Rinciannya meliputi, 1 tenaga dokter dan 2 orang perawat.

"Nah, dari dua orang perawat ini, sebanyak 1 orang di antaranya juga sekaligus sebagai tenaga sopir ambulan. Jadi dia merangkap tugas, sebagai sopir dan bisa juga jadi perawat," katanya.

Di tiap Pos PAM Lebaran, ulas dia, sejumlah tim medis tersebut juga dilengkapi dengan kendaraan 1 unit mobil ambulan.

"Selain menyiagakan petugas medis, Dinkes Kota Kediri juga telah berkoordinasi dengan tenaga kesehatan di berbagai rumah sakit, di area kerja kami," katanya.

Perlu diketahui, pada masa angkutan mudik Lebaran 1440 Hijriah ini, pihaknya telah bersinergi dengan 18 fasilitas kesehatan dan juga 9 puskesmas. Dari jumlah tersebut, beberapa puskesmas di antaranya telah menyediakan ruang khusus sebagai kamar inap pasien.

"Para pemudik tidak perlu khawatir, jika ingin memeriksakan kondisi kesehatannya saat melintas di jalur mudik di Kota Kediri," katanya.

Bahkan Dinkes Kota Kediri, juga bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Kediri, untuk memberi jaminan pemeriksaan kesehatan, bagi masyarakat  peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00