• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Dukung UHC, BPJS Kesehatan Kediri Lakukan Verifikasi Data

16 May
19:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kediri : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kediri memberikan dukungannya kepada Pemerintah Kota Kediri, karena bakal merealisasi Program Universal Health Coverage (UHC) bagi warga kurang mampu pada tahun 2020.

"Kami mendukung program Pemkot Kediri ini, melalui Program UHC. Kami harap, masyarakat kurang mampu bisa memanfaatkan hal ini dengan baik," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kediri, Yessi Kumalasari, di Kediri, Kamis (16/5/2019).

Menurut dia, Program UHC ini hampir mirip dengan jaminan asuransi kesehatan dari Pemerintah Pusat. Namun, pada UHC ini sumber pembiayaannya dari pemda setempat.

"Langkah ini, untuk membidik masyarakat kurang mampu yang belum tercover program JKN KIS," ujarnya.

Untuk mendukung realisasi Program UHC ini, tambah dia, BPJS Kesehatan Cabang Kediri, saat ini sedang melakukan verifikasi dan validasi data, terkait jumlah warga kurang mampu.

"Hal ini, supaya ada sinkronisasi data antara data di Pemerintah Pusat, Dispendukcapil, dan BPJS setempat," katanya.

Yessi mengimbau, dengan adanya Program UHC ini, ke depan, diharapkan masyarakat yang sudah masuk, dalam data penerima bantuan iuran (PBI) tidak tiba-tiba keluar dari keanggotaannya. Hal ini, agar layanan kesehatan yang diberikan pemerintah daerah kepada si penerima bantuan tidak sia-sia.

"Apalagi, mereka yang tercatat sebagai penerima bantuan akan mendapatkan fasilitas kesehatan sesuai kelasnya. Jika rawat inap, bakal dirawat di kamar inap kelas tiga," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, terkait dengan kepesertaan semesta, saat ini BPJS Kesehatan Cabang Kediri mencatat, untuk di wilayahnya memang Kota Kediri mencapai angka paling tinggi, yakni 71 persen. Kondisi ini hampir menyentuh tingkat kepesertaan semesta yang dipatok di posisi 95 persen. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00