• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Digawangi FST, UINSA Gelar Workshop Kekayaan Intelektual

16 May
13:24 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Surabaya: Untuk menjadi kampus yang bertaraf internasional, riset dan teknologi adalah sesuatu yang harus dilakukan. Karena tanpa keduanya cepat atau lambat kita akan kalah kalau tidak menghasilkan inovasi yang bermanfaat. Hal itu disampaikan Dra. Dede Mia Yusanti, M.L.S., Direktur Paten, DTLST, dan Rahasia Dagang Kementerian Hukum dan HAM RI, dalam ‘Workshop Pendampingan Drafting Paten’ yang digelar Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Rabu, (15/Mei/2019).

Kegiatan digelar di Hall Lt. 9 Twin Towers A UINSA dengan peserta antara lain Dosen FST serta perwakilan masing-masing Fakultas, Pascasarjana, juga mahasiswa UINSA. Kegiatan yang sedianya akan digelar hingga Kamis, 16 Mei 2019 tersebut juga menghadirkan dua narasumber dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Yakni Prio Adi Ramadhani, S.T., dan Adi Ankafia, S.E., dari Pusat Kemanfaatan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Hadir dalam Opening Ceremony, Rektor UINSA, Prof Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D., didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dra. Wahidah Br. Siregar, MA., Ph.D., dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Prof. Mashum, M.Ag. Dekan beserta jajaran Wakil Dekan juga turut hadir dalam kegiatan tersebut beserta segenap Kajur dan Sekjur FST UINSA.

Dekan FST UINSA, Dr. Eni Purwati, M.Ag., dalam sambutan menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan berbagai pihak, sehingga acara tersebut dapat terselenggara dengan baik. Dr. Eni menjelaskan, bahwa workshop tersebut telah lama dinantikan sebagian besar dosen yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai proses patenisasi kekayaan intelektual.

“Kami mohon pada Ibu Dede agar kami didampingi, dibimbing dari mulai proses drafting hingga submit. Sehingga dapat menghasilkan output produk yang memang sudah diujicobakan secara terbatas,” ujar Dr. Eni penuh harap.

Dr. Eni juga mengucap syukur, bahwa ditengah bulan suci Ramadhan kegiatan tersebut digelar dengan harapan dapat membawa manfaat dengan niatan tulus demi kemajuan UINSA.

Sementara itu, atas nama Pimpinan Universitas, Rektor menyampaikan apresiasi pada FST UINSA yang telah menginisiasi terselenggaranya kegiatan workshop. Rektor menegaskan, bahwa FST diharapkan menjadi garda depan proses patenisasi di UINSA dengan support Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dalam hal pengadministrasian, endorse, serta publikasinya.

Ditengah kebahagiaan perolehan akreditasi A untuk universitas, UINSA diharapkan tetap mendorong  serta mengawal kegiatan patenisasi. 

“Oleh karena itu, saya berharap forum ini dapat dimanfaatkan secara baik untuk menggodok inovasi. Bagaimana cara meraih paten, model dan teknisnya seperti apa. Apakah mandiri atau kolaborasi dan sebagainya,” tutur Prof. Masdar. 

  • Tentang Penulis

    Ermina Jaen

    Editor Siaran RRI Surabaya

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00