• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

UINSA Galakkan Literasi Lewat Program Inovasi

16 May
13:14 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Surabaya: Menyikapi terkait Program INOVASI, Partnership UIN UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya-INOVASI Australia, Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D., menyambut baik adanya kerjasama tersebut. Mengingat pentingnya budaya literasi terus digalakkan dengan kampus sebagai motor penggeraknya. 

“Ini program bagus, kita bisa berkompetisi dengan 600 lembaga dari PT dan NGO. UINSA menjadi satu dari 18 lembaga yang terseleksi,” ujar Prof. Masdar, Kamis,  (16/5/2019).

Kedepan, UINSA akan tetap menggalakkan kegiatan serupa, kendati program partnership dengan INOVASI-Australia berakhir pada Juli 2019.

“UINSA memiliki kekuatan UCE (University Community Angagement) yang tentunya program-program pendampingan kepada masyarakat harus dilakukan secara sistematis. Kita bahkan sudah kedatangan tamu dari kementrian pendidikan Afghanistan yang tertarik dengan program Literasi di UINSA,” tegas Prof. Masdar.

Berdasar pada modal kuat UCE tersebut, Rektor optimis, bahwa program literasi melalui kampus akan melahirkan inovasi-inovasi baru. 

“Yang tentunya itu dapat dilakukan oleh Tim Literasi menuju International Outlook Staff,” imbuh Prof. Masdar menegaskan.

Sementara itu, Hernik Farisia, M.Pd.I., selaku Program Coordinator PartnershipUINSA Surabaya-INOVASI Australia menjelaskan, bahwa program rintisan tersebut bertujuan meningkatkan profesionalisme guru dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. 

Percontohan tersebut, menurut Hernik Farisia, M.Pd.I., bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mengembangkan budaya literasi di madrasah-madrasah. 

“Program ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development – Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset), yaitu pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemandirian dan komitmen madrasah untuk mengembangkan program literasi di madrasah-madrasah,” terang Hernik Farisia, M.Pd.I.

Program ini, lanjut Hernik Farisia, M.Pd.I., dilakukan selama 10 bulan (Periode Oktober 2018-Juli 2019) di 10 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mitra di Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. Yakni: 1) MI Sunan Ampel, Arjosari; 2) MINU Al-Barokah, Segoropuro; 3) MI Bahjatusshibyan, Patuguran; 4) MI Islamiyah Nidlomiyah, Toyaning; 5) MI Roudlotul Athfal, Turi Toyaning; 6) MI Sirojul Huda,  Rejoso Lor; 7) MI Tarbiyatul Athfal, Rejoso Kidul; 8) MI Tarbiyatusshibyan, Sadeng; 9) MI Darul Ulum, Karangpandan, dan 10) MI Ta’limushibyan, Karangpandan.

Hernik Farisia, M.Pd.I., juga menjelaskan, beberapa bentuk kegiatan yang dilakukan dalam program INOVASI, antara lain ToT 1 (Training of Trainer). Kegitan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Fasilitator Daerah (Fasda) dalam melakukan pelatihan dan pendampingan untuk guru-guru di madrasah. 

“Kegiatan ini dilaksanakan di Greensa Inn pada 29-30 Oktober 2019, dengan peserta Fasda yang telah lolos seleksi dan pengawas madrasah dari Kemenag,” imbuh Hernik Farisia, M.Pd.I.

Selanjutnya workshop untuk guru-guru di 10 MI Mitra pada November 2018. Dilanjutkan Kelompok Kerja Guru (KKG), untuk memberikan kesempatan kepada guru berbagi praktik yang baik terkait pengembangan literasi dengan guru-guru dari madrasah yang berbeda.

 “Terakhir, kegiatan Monev (Monitoring-Evaluasi) untuk melihat progress program dan pelibatan madrasah dalam Konteks ABCD,” jelas Hernik Farisia, M.Pd.I.

Lebih lanjut dijelaskan Hernik Farisia, M.Pd.I., Meeting Evaluation dilakukan dengan mendengar paparan hasil monev untuk memperoleh rekomendasi terkait perbaikan dan langkah tindak lanjut dari program yang dijalankan. Pada kegiatan ini dihadiri unsur kepala sekolah, Pendma Kemenag Kabupaten Pasuruan, pengawas, komite sekolah, Fasda, dan Tim UINSA.

Tim Kemitraan UINSA-INOVASI diwakili unsur dosen, yakni: 1) Advisor: Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D.; 2) Manager Program : Dr. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag.; 3) Program Coordinator: Hernik Farisia, M.Pd.I; 4) M&E (Monitoring & Evaluation) Coordinator: Agus Prasetyo Kurniawan, M.Pd., 5) Gesi (Gender & Social Inclusion) Coordinator : Rakhmawati, M.Pd.; 6) Finance Coordinator: Desy Indarwati, S.Pd.; 7) Procurement Coordinator: Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd.; dan 8) District Coordinator: Fachrizal Hamzah, SI

“Secara garis besar, program ini memberdayakan guru dan warga madrasah untuk mengembangkan budaya literasi di sekolah melalui program budaya baca dan intervensi literasi dalam pembelajaran,” tegas Hernik Farisia, M.Pd.I.

Dijelaskan Hernik Farisia, M.Pd.I., kegiatan pendampingan dilakukan Fasda yang telah dilatih Tim Dosen UINSA. Pasca pelatihan, Fasda menggelar KKG (Kelompok Kerja Guru) dan Mentoringhingga tujuh kali kegiatan. Disebutkan Hernik Farisia, M.Pd.I., pada awal pendampingan, ada Baseline Reading Asessment yang dilakukan guru-guru dan dibantu Mahasiswa UINSA yang telah lolos seleksi. “Asessment itu menggunakan aplikasi “Ayo membaca” yang telah dikembangkan Tim UINSA. Kegiatan assessment dilakukan tiga kali. Di awal, pertengahan, dan di akhir program. Untuk melihat progress program, ada  tiga monev yang dilakukan tim independent dari UINSA,” jelas Hernik Farisia, M.Pd.I.

Tim Independent juga melibatkan unsur Dosen UINSA yang terdiri dari 10 Orang. Yaitu: 1) Prof. Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag.; 2) Dr. Eni Purwati, M.Ag.; 3) Dr. Asep Abbas Abdullah; 4) Irma Soraya, M.Pd.; 5) Liliek Channa AW, M.Ag.; 6) M. Amin Hasan, M.Pd.; 7) Ummi Rodliyah, M.M.; 8) Maunah Setyawati, M.Si.; 9) Andriani Samsuri, M.M.; dan 10) Rizka Safriyani, M.Pd.

“Dalam program ini ada Tim kemitraan yakni tim yang bertugas menyusun proposal, melaksanakan, dan menganalisis hasil Monev, jumlahnya 8 orang. Kemudian, Tim Independent yang melakukan Monev, jumlahnya 10 orang,” pungkas Hernik Farisia, M.Pd.I. 

  • Tentang Penulis

    Ermina Jaen

    Editor Siaran RRI Surabaya

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00