• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Mobile JKN, Layanan Digital Peserta BPJS Kesehatan

1 May
03:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Digitalisasi yang dipandang memudahkan aktivitas manusia, tak lepas dari perhatian BPJS Kesehatan yang merupakan badan usaha publik dalam dunia layanan kesehatan di Indonesia.

Satu dari sekian inovasi BPJS Kesehatan adalah Mobile JKN yang merupakan transformasi digital dari layanan administrasi kepesertaan yang selama ini dilakukan di kantor cabang.

Mobile JKN merupakan aplikasi yang dapat dioperasikan melalui telepon pintar berbasis Android dan iOS. Beragam fitur ditawarkan demi memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Setiap adanya inovasi selalu harus diimbangi dengan upaya pemberian informasi secara masif. BPJS Kesehatan Banyuwangi kali ini menggelar sosialisasi Mobile JKN kepada Tim Puskesmas Bajulmati Kabupaten Banyuwangi pada Senin (29/4/2019).

"Mobile JKN dirancang untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS baik dalam hal pendaftaran peserta, perubahan data dan layanan administrasi lainnya. Sehingga peserta tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan, tetapi cukup dengan mengunduh aplikasi ini," ucap Ni Luh Aris Aryandeni, Staf Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, yang menjadi narasumber dalam sosialisasi tersebut.

Mengunduh aplikasi mobile JKN, peserta dapat menikmati kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan, mengetahui informasi data peserta dan keluarga, informasi tagihan dan pembayaran iuran JKN, kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan dengan menunjukkan kartu KIS Digital, serta kemudahan dalam menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.

Untuk melakukan pendaftaran peserta baru, calon peserta hanya perlu menyiapkan KTP-nya. Selanjutnya tinggal mengikuti prosesnya, virtual account akan dikirimkan ke alamat email calon peserta. 

Fitur terbaru Mobile JKN yang dapat dinikmati oleh peserta saat ini adalah pendaftaran autodebit Bank (Bank Mandiri) dan Non-Bank (Mobile Cash). Dengan adanya fitur baru ini diharapkan semakin memudahkan bagi peserta JKN-KIS dalam melakukan pembayaran iuran setiap bulannya.

Kepala Puskesmas Bajulmati, dr. Cincin Hari P., yang menjadi inisiator sosialisasi mobile JKN kali ini sengaja menghadirkan BPJS Kesehatan agar seluruh Tim Puskesmas Bajul mati menjadi paham terhadap beragam fitur aplikasi Mobile JKN, sehingga dapat mentransfer ilmunya kepada masyarakat.

"Aplikasi Mobile JKN akses layanan administrasi kepesertaan dalam genggaman. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk kita. Saya berharap tim kami dapat mensosialisasikan kepada masyarakat, agar masyarakat yang enggan datang ke kantor BPJS Kesehatan, dapat melakukan pendaftaran melalui mobile JKN. Pada akhirnya Universal Health Coverage dapat terwujud," harap Cincin.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00