• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu

Human Error, 19 Desa Di Kabupaten Kediri Hitung Suara Ulang

26 April
17:56 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Seiring adanya faktor human error, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri mencatat ada 19 desa di wilayahnya, yang mendapat rekomendasi menggelar Penghitungan Surat Suara Ulang.

"Sampai sekarang, sesuai laporan yang masuk ada 19 desa dan kini sedang melangsungkan perhitungan suara ulang," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri, Saidatul Umah, di Kediri, Jumat (26/4/2019).

Menurut dia, tahapan Penghitungan Surat Suara Ulang tersebut, pada saat ini memang sedang berlangsung di tingkat kecamatan. Namun digelar untuk menghitung ulang, perolehan surat suara dari 19 desa.

Lantaran, ungkap dia, penghitungan ulang ini dilakukan karena ada kesalahan hitung dan ini faktor human error. Alhasil, petugas setempat harus membuka sejumlah kotak suara.

"Apalagi diketahui, ada selisih saat mencocokan jumlah surat suara dengan jumlah pemilih yang hadir. Belum lagi, ada juga laporan terkait kesalahan memasukkan jumlah suara caleg dan partai, yang diduga ganda," katanya.

Ditambahkan oleh Saidatul Umah, bahwa secara umum, proses penghitungan ulang semacam inilah, yang menguras energi para petugas Pemilu. Apalagi, para PPS dan PPK yang bertugas sejak pagi hari hingga dini hari.

"Masalah berikutnya, adalah dari 7 petugas KPPS di tiap TPS, nah 4-5 orang di antaranya merupakan petugas baru. Akibatnya, mereka seringkali bertanya kepada petugas lama tentang penghitungan suara dan ini membutuhkan waktu juga," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, untuk efisiensi waktu maka penghitungan ulang ini pada umumnya, sejumlah petugas langsung mendata hasil perolehan suara dari 3 desa per kecamatan. Dengan demikian, tahap penghitungan ulang ini dapat selesai tepat waktu dan tidak memberi dampak buruk bagi kondisi kesehatan para petugas Pemilu. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00