• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu

Tim Gakkumdu Kabupaten Kediri Tinjau Partisipasi Pemilih Pada PSL

23 April
19:20 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Kediri meninjau tingkat partisipasi pemilih di TPS 01, Desa Kaliboto, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri.

"Upaya ini, untuk melihat bagaimana proses Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di wilayah hukum kami. Tepatnya di TPS 01, Desa Kaliboto, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri," kata Perwakilan Tim Gakkumdu sekaligus Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri, Saidatul Umah, bersama anggota Tim Gakkumdu setempat, saat mengawasi jalannya PSL, di TPS 01, Desa Kaliboto, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri, Selasa (23/4/2019).

Dengan cara ini, pihaknya sekaligus memastikan bagaimana kelancaran pemungutan suara, terutama di daerah yang melaksanakan PSL dan mengundang 29 pemilih di area setempat.

"Lantaran, dari ratusan desa yang menyebar di Kabupaten Kediri, hanya TPS 01 di Desa Kaliboto yang menggelar PSL," ujarnya.

Saidatul mengungkapkan, bahwa latar belakang dilaksanakannya PSL ini karena  murni permasalahan teknis di lapangan. Saat itu, pada Pemilu serentak tanggal 17 April lalu sempat terjadi kekurangan surat suara untuk DPD RI.

"Kekurangan surat suara DPD RI, diketahui petugas saat injury time atau bertepatan dengan batas waktu selesainya jadwal pencoblosan di TPS tersebut," katanya.

Padahal, yakin dia, jika permasalahan kehabisan surat suara ini diketahui sejak awal, maka Bawaslu Kabupaten Kediri optimistis pihak pengawas dan petugas KPPS setempat bisa mengatasi kendala itu segera. Misalnya, dengan meminta surat suara tambahan di TPS terdekat.

"Namun akhirnya, solusi dri kehabisan surat suara DPD RI ini tidak bisa diambil, karena keterbatasan waktu. Alhasil, PSL inilah solusi terbaik dan nantinya dilakukan penghitungan suara hingga di tingkat kecamatan," katanya.

Oleh karenanya, Saidatul menambahkan, sebagai solusi permasalahan ini, petugas Bawaslu Kabupaten Kediri memberi rekomendasi kepada KPU setempat, untuk menggelar PSL pada tanggal 23 April ini, di TPS 01. Kemudian, mengundang 29 orang yang belum memilih perwakilan DPD RI.

Perlu diketahui, pada peninjauan Tim Gakkumdu Kabupaten Kediri turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri, Subroto dan rombongan, Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Ronny Juliarto, sejumlah anggota TNI/ Polri setempat, anggota Bawaslu Kabupaten Kediri, dan perangkat desa terkait. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00