• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

SMA Santa Maria Surabaya Kembangkan Media Pembelajaran Berbasis Digital

29 March
14:40 2019
1 Votes (5)

KBRN, Surabaya: Seiring makin majunya teknologi informasi, sekolah memiliki lebih banyak pilihan media pembelajaran berbasis IT. Kita ketahui bersama bahwa media pembelajaran berbasis IT sangatlah banyak. Salah satunya adalah portal informasi. Hal inilah yang menjadikan SMA Santa Maria Surabaya membuat KrisanOnline.com, sebuah media online yang sekaligus menjadi media pembelajaran bagi siswa-siswinya.

F.X. Rudy Prasetya,S.S., M.Med.Kom, Guru Bahasa Indonesia, Jurnalistik dan Broadcasting SMA Santa Maria Surabaya, Jumat, (29/3/2019) menjelaskan, sebelum ada media online, sekolah sudah memiliki media majalah sekolah yang juga bernama Krisan. Namun dengan adanya KrisanOnline, maka majalah sekolah yang sudah terbit sejak tahun 2000 itu resmi migrasi ke ranah online.

"Jadi seperti Detik.com, Kompas.com dan lain-lain. Output ini tidak hanya dipakai sebagai penyampai informasi terkini kepada masyarakat tetapi juga dipakai oleh guru dan siswa dalam menunjang pembelajaran. Karena di portal itu ada fitur-fiture yang namanya misalnya Linguistik, materi drama, Cerpen, frase, karya sastra lengkap sekali. Misalkan juga ada di sana Fisika rtun, Fisika yang selama ini menjadi momok akan menarik karena gurunya juga membuat sketsa di situ. Kimia dan mata pelajaran lain ada di sana."jelas F.X. Rudy Prasetya.

Diungkapkan, sejak diluncurkan pada 1 Februari 2019, siswa-siswi juga belajar bagaimana menjadi citizen jurnalism. Sehingga redaksi kebanjiran artikel dari siswa.

"Yang membanggakan adalah anak-anak ramai-ramai menulis dan mengirimkan naskahnya. Ketika mereka pergi menonton, mereka berminat melakukan ulasan dan membuat naskah, ketika sedang pergi ke restoran, atau kemana saja, mereka senang dan antusias Karena artikelnya bisa dibaca semua orang bukan hanya di Santa Maria, tapi juga masyarakat di belahan dunia lain. Karena online."jelasnya. 

Tidak hanya sekedar artikel hiburan lanjut F.X. Rudy Prasetya, di ada materi soal-soal tentang pelajaran Ujian Nasional. Anak-anak senang karena bisa menjadi alternatif pembelajaran yang tidak hanya berdasarkan buku konvensional tetapi bisa dilakukan secara digital.

"Di portal tersebut dilengkapi statistik pengunjung. Sehingga ketika anak-anak diwajibkan belajar melalui portal akan tercatat jumlah siswa yang membuka. Ini sesuatu yang menarik, sebuah terobosan baru dalam pembelajaran di sekolah. 

Ditambahkan, di newsroom leader KrisanOnline terdapat setidaknya 20 anak yang menangani redaksi portal online sekolah.

"Kami menyebutnya newsroom leader. Mereka sudah terbagi sesuai segmen dan rubrik yang ada."pungkasnya.






  • Tentang Penulis

    Ermina Jaen

    Editor Siaran RRI Surabaya

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00