• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Seni & Budaya

Edukasi Masyarakat, Pameran Seni 'Timur Liar' Sajikan Karya 2 Dimensi

13 March
17:19 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Untuk mengedukasi masyarakat tentang perkembangan pola seni, sejumlah seniman di Jawa Timur tampak berkolaborasi dalam sebuah perhelatan, bertajuk Pameran Seni 'Timur Liar' Batch 8 Kediri.

"Kegiatan yang diinisiasi oleh komunitas seni bernama Serrbuk Kayu ini, juga bersinergi dengan komunitas lain di 10 kota, yang berada di Jawa Timur," kata Ketua Pelaksana Pameran Seni Timur Liar Batch 8 Kediri, Frisky Jayantoro, di Kediri, Rabu (13/3/2019).

Dia mengungkapkan, pada agenda yang berlangsung 6-13 Maret 2019 ini didukung performa sejumlah komunitas seni. Mereka di antaranya, Kolega Warna, Darjoclup, Banyu Genuk, Kuas Patis, Tanjung Market, dan Kolekjos.

"Ada pula, komunitas Taman Langit, Sektor Kotor, Villa Art Space, Tubgraff, dan Sara," ujarnya.

Secara umum, tambah dia, event ini dilatarbelakangi dengan semangat membuat sebuah kegiatan edukatif, yang dapat dijadikan ajang untuk saling bertemu, berkumpul, dan berjejaring, serta membangun pemahaman mengenai pola seni.

Pada acara ini, pihak penyelenggara melibatkan 11 perupa muda berbakat dan mampu menghasilkan 40 karya seni rupa 2 dimensi. Hasil karya mereka ini dibuat dengan berbagai media, seperti dari kertas, kanvas, plastik, hingga plat.

Frisky mengemukakan, bahwa kegiatan bertema 'folk' ini sengaja diusung dari Bahasa Inggris, yang memiliki arti 'orang-orang'. Lantaran, hal yang ingin dibicarakan dalam pameran ini yakni, bagaimana seniman mengamati perubahan yang ada dan sedang terjadi di sekitarnya.

"Misalnya tentang pergeseran menuju sesuatu yang baik. Lalu, pembacaan pergeseran perilaku manusia dalam sebuah lingkup wilayah, menjadi hal yang menarik dilakukan agar orang yang tinggal dalam wilayah itu, dapat berubah ke arah yang lebih baik," katanya.

Perlu diketahui, acara ini diadakan di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri, Jalan Adi Sucipto Nomor 15 B, Kelurahan Banjaran, Kota Kediri. Di lokasi ini pula, pihaknya menjalin kerja sama dengan AJI Kediri dan mengadakan 'Jamming Mural' dengan tema 'Millenial Anti Hoax' untuk menggugah kesadaran bersama dan mengatasi fenomena informasi palsu (hoax) yang belakangan ini marak. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00