• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Wali Kota Kediri Melarang Pusat Perbelanjaan Pakai Kantong Plastik

28 February
19:12 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menyampaikan dengan tegas, dalam waktu dekat bakal melarang semua pelaku usaha di berbagai pusat perbelanjaan memakai kantong plastik sebagai wadah belanja.

Upaya tersebut, juga seiring komitmen pemerintah Indonesia untuk mengurangi volume sampah plastik di Tanah Air. Lantaran, sampai sekarang secara nasional sampah plastik telah mendominasi 70 persen, dari berbagai jenis sampah yang dibuang masyarakat.

"Pemakaian sampah plastik ini, memiliki dampak sangat buruk bagi lingkungan. Apalagi, sampah plastik hanya dapat terurai dalam waktu yang lama, kalau diperkirakan bisa jutaan tahun baru terurai," kata Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, di Kota Kediri, Kamis (28/2/2019).

Dia mengingatkan, agar dalam waktu dekat semua pebisnis pusat perbelanjaan, terutama yang selama ini menggunakan kantong plastik agar bersiap. Idealnya, jangan sampai pemda setempat masih menemukan ada pihak yang melanggar ketentuan ini.

Sementara itu, senada dengan Abdullah Abu Bakar, Kepala Seksi Pemanfaatan Sampah dan Penanganan Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri, Ridwan mengatakan, pihaknya bersama pihak terkait telah menggelar Sosialisasi Peraturan Wali Kota Nomor 35 tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi Kota Kediri dalam pengelolaan, sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

"Setiap orang di Kota Kediri, menghasilkan 0,5 kilogram sampah setiap harinya. Bahkan secara total, masyarakat di Kota Kediri menghasilkan sampah sebesar kurang lebih 145 ton per hari," katanya.

Untuk itu, ke depan, dia mengimbau, masyarakat berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah dan pemilahan sampah. Selain itu, masyarakat juga harus menerapkan paradigma bagaimana sampah dapat bernilai ekonomis. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00