• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Cuaca Buruk, Masyarakat Kediri Diimbau Dirikan TPS Di Dalam Ruangan

25 February
18:39 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Untuk mengatasi dampak cuaca buruk, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri mengimbau masyarakat, terutama penyelenggara Pemilu 2019 agar mendirikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dalam ruangan.

"Idealnya untuk mengantisipasi cuaca buruk, terutama seiring adanya peringatan dini hujan, saat hari H Pemilu tanggal 17 April mendatang, maka TPS ini diletakkan di dalam ruangan. Kondisi ini lebih aman, daripada memasang terop atau tenda," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kediri, Adhi Sutrisno, di Kota Kediri, Senin (25/2/2019).

Adhi menilai, bahwa imbauan ini patut disosialisasikan kepada masyarakat, menyusul adanya Surat Edaran tentang data analisis hujan di Kota Kediri pada bulan Februari ini. Situasi ini, sekaligus guna mewaspadai potensi hujan deras dan angin yang akhir-akhir ini muncul. Sebagai dampaknya, musibah pohon tumbang kadang sulit terhindarkan, baik di Kota Kediri maupun Kabupaten Kediri.

"Jika mengacu pada pengalaman Pemilu Tahun 2014, pada hari H, cuacanya panas dan saat itu proses rekapitulasi penghitungan suara di sejumlah TPS, cukup berlangsung singkat," katanya.

Apalagi, jelas dia, pada Pemilu 2014, tahapan pemilihan umumnya tidak serentak. Dengan begitu, pada sore hari, proses penghitungan suara sudah selesai.

"Alhasil, saat itu (Pemilu 2014, red) pendirian TPS dengan memakai terop atau tenda, masih dimaklumi. Namun berbeda dengan kondisi Pemilu 2019," katanya.

Pada tahun ini, lanjut dia, perkembangan cuaca di Kota Kediri tak menentu, kadang panas, dan terkadang turun hujan tiba-tiba yang disertai angin. Oleh karenanya, pihak BPBD Kota Kediri tak hanya melakukan imbauan kepada masyarakat.

"Kami juga mengirimkan surat imbauan untuk KPU Kota Kediri. Bahkan, mereka ikut mendukung, jika pendirian TPS tahun ini diwujudkan di dalam ruangan, mengingat tahun ini adalah Pemilu serentak, maka proses rekapitulasi suara akan lebih lama, dan perkiraan pukul 24.00 WIB baru selesai," katanya.

Senada dengan Adhi Sutrisno, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Agus Rofiq, optimistis, bahwa pendirian TPS di dalam ruangan akan lebih aman. Khususnya, dalam mengatasi dampak buruk cuaca di Kota Kediri.

"Namun demikian, kami tetap mengajak masyarakat agar selalu berdoa, supaya pada hari H Pemilu 2019, kondisi cuaca di Kota Kediri akan bersahabat," katanya. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00